Disebut Supermoon Terbesar 2024: Hunter's Moon Bakal Hiasi Langit Malam 17 Oktober

Kamis 17 Oktober 2024, 12:31 WIB
Ilustrasi. Supermoon. Salah satu bulan super, yaitu Hunter’s Moon, akan menghiasi langit pada Kamis, 17 Oktober 2024 malam ini. (Sumber : Pexels/SharathG)

Ilustrasi. Supermoon. Salah satu bulan super, yaitu Hunter’s Moon, akan menghiasi langit pada Kamis, 17 Oktober 2024 malam ini. (Sumber : Pexels/SharathG)

SUKABUMIUPDATE.com - Supermoon adalah fenomena astronomi dimana Bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi dengan keadaan penuh dan  kondisi yang lebih terang, lebih besar dari bulan purnama biasa jika dilihat dari Bumi. Hal itu sebagaimana dijelaskan di laman Jet Propulsion Laboratiry NASA.

Terkini, salah satu Supermoon, yaitu Hunter’s Moon, akan menghiasi langit pada Kamis, 17 Oktober 2024 malam ini.

Hunter’s Moon bahkan disebut-sebut akan menjadi bulan "terbesar" di antara empat Supermoon 2024. Bulan purnama ini juga sekaligus membuka musim gugur.

Fenomena Hunter’s Moon kemungkinan akan tampak sejak matahari terbenam hingga menjelang fajar.

Baca Juga: Kecapi, Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang Populer dalam Musik Kontemporer

Secara resmi, seperti merujuk Tempo.co, purnama akan muncul pada 07.26 pagi waktu EDT atau pukul 18.26 WIB. Saat itu bulan berada di area konstelasi Pisces. Wujud Hunter's Moon sangat cerah dan penuh selama sehari, sebelum dan sesudah puncak purnama.

Pengamat astronomi dan pemerhati objek langit di seluruh dunia bisa menyaksikan bulan yang membesar malam ini. Namun, kondisi pengamatan Hunter's Moon di beberapa wilayah masih bisa terganggu oleh cuaca berawan.

Sebagai informasi, nama Hunter’s Moon berasal dari tradisi budaya lama. Supermoon ini menandai waktu berburu, ketika suku-suku Pribumi Amerika mempersiapkan persediaan makanan untuk musim dingin.

Pada periode munculnya Hunter’s Moon, hewan buruan seperti rusa umumnya telah menggemukkan diri setelah musim panas, sehingga ideal untuk berburu. Dalam beberapa budaya yang berbeda, Hunter’s Moon juga dikenal sebagai ‘Falling Leaves Moon’ dan ‘Freezing Moon’.

Sepanjang tahun 2024, diketahui sudah ada dua supermoon yang muncul sebelum Hunter’s Moon. Supermoon keempat, Beaver Moon, diprediksi muncul pada 15 November dan menjadi yang terakhir pada tahun 2024 ini.

Dikutip dari National Geographic, saat supermoon terjadi, bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibandingkan ketika berada di apogee (titik terjauh dari Bumi).

Baca Juga: Ombak Tinggi Hantam Warung di Pesisir Sukabumi, Warga dan Nelayan Diminta Waspada

Supermoon adalah sebutan untuk perigee syzygy, yang merupakan istilah ketika Bulan dalam fase penuh dan berada pada titik terdekat dengan Bumi di sepanjang orbitnya. Fenomena astronomi ini merupakan fenomena yang langka karena hanya terjadi beberapa kali setiap tahunnya.

Banyak yang menganggap jika supermoon dapat menyebabkan bencana alam. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar, posisi Bulan yang lebih dekat dengan Bumi akan menyebabkan meningkatnya kekuatan gravitasi Bulan.

Akibat gravitasi Bulan yang meningkat ini akan menaikkan pasang surut air laut. Tapi kenaikan pasang surut yang terjadi hanya berkisar dua inci saja, sehingga fenomena supermoon tidak membawa bencana.

Meski begitu, dilansir dari climate4life.info, NASA pernah menyoroti kekhawatiran tentang naiknya permukaan laut akibat perubahan iklim, yang digabungkan dengan pengaruh siklus nodal bulan. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan dramatis banjir pasang selama tahun 2030-an mendatang.

Arus laut dapat dipengaruhi secara besar-besaran oleh pasang surut yang signifikan. Ini berperan penting dalam proses distribusi air hangat dan dingin di seluruh dunia

Seperti diektahui, arus laut dingin menghasilkan iklim yang lebih sejuk dan kering, sedangkan arus laut hangat membawa cuaca yang lebih basah dan hangat.

Sumber: berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment17 Oktober 2024, 14:30 WIB

Disambut Hangat Oleh Jin, J-Hope BTS Resmi Menyelesaikan Wajib Militernya

J-Hope BTS telah resmi menyelesaikan wajib militernya pada hari ini Kamis, 17 Oktober 2024 sekitar pukul 10.00 waktu Korea Selatan. Ia menjadi member kedua yang dinyatakan bebas tugas sebagai tentara aktif.
Disambut Hangat Oleh Jin, J-Hope BTS Resmi Menyelesaikan Wajib Militernya (Sumber : Istimewa)
Life17 Oktober 2024, 14:00 WIB

Bogor Kota Hujan Sejak Zaman Belanda, Berkah Air untuk Botani Terbaik di Indonesia

Bogor, sebuah kota di Provinsi Jawa Barat ini, dikenal dengan julukan Kota Hujan sejak zaman Belanda.
Kebun Raya Bogor Zaman Dulu | Bogor Kota Hujan Sejak Zaman Belanda, Berkah Air untuk Botani Terbaik di Indonesia. Foto: X/@VideoSejarah
DPRD Kab. Sukabumi17 Oktober 2024, 13:31 WIB

Anggota DPRD Pantau Evakuasi Nelayan yang Terjebak di Dermaga Tegalbuleud Sukabumi

Dadang menyebut keluarga berharap seluruh nelayan dapat dievakuasi.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PKB Dadang Hermawan berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk Basarnas. | Foto: SU/Ragil Gilang
Food & Travel17 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pantai Bagedur: Wisata di Selatan Banten yang Berjarak 80 Km dari Pusat Kota Rangkasbitung

Pantai Bagedur adalah destinasi wisata yang cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam.
Pantai Bagedur adalah destinasi wisata yang cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam. (Sumber : Instagram/@ukt_april25).
Science17 Oktober 2024, 12:31 WIB

Disebut Supermoon Terbesar 2024: Hunter's Moon Bakal Hiasi Langit Malam 17 Oktober

Supermoon Bakal Hiasi Langit Malam 17 Oktober, Fenomena Hunter’s Moon kemungkinan akan tampak sejak matahari terbenam hingga menjelang fajar.
Ilustrasi. Supermoon. Salah satu bulan super, yaitu Hunter’s Moon, akan menghiasi langit pada Kamis, 17 Oktober 2024 malam ini. (Sumber : Pexels/SharathG)
Entertainment17 Oktober 2024, 12:30 WIB

Satu Hari Sebelum Meninggal, Liam Payne Buat Unggahan di Snapchat

Mantan anggota One Direction, Liam Payne meninggal dunia, pada Rabu, 16 Oktober 2024 waktu setempat. Ia ditemukan tewas setelah terjatuh dari balkon lantai tiga hotel di Buenos Aires, Argentina.
Satu Hari Sebelum Meninggal, Liam Payne Buat Unggahan di Snapchat (Sumber : Istimewa)
Bola17 Oktober 2024, 12:00 WIB

Resmi! Bahrain Minta Laga Melawan Timnas Garuda Dipindah Keluar Indonesia

Bahrain meminta pertandingan dipindahkan karena merasa tidak aman setelah mendapat serangan siber dari penggemar Indonesia.
Bahrain meminta pertandingan dipindahkan karena merasa tidak aman setelah mendapat serangan siber dari penggemar Indonesia. (Sumber : X@TimnasIndonesia).
Sukabumi17 Oktober 2024, 11:46 WIB

Ombak Tinggi Hantam Warung di Pesisir Sukabumi, Warga dan Nelayan Diminta Waspada

Air laut naik hingga mencapai batas pesisir pantai.
Gelombang tinggi di wilayah Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (17/10/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life17 Oktober 2024, 11:30 WIB

Ada Teknik Pomodoro, 12 Cara Agar Anak Cepat Memahami Materi Pelajaran

Belajar dengan cara yang menyenangkan dan aktif dapat membuat anak lebih termotivasi dan tidak cepat lupa.
Cobalah menghubungkan konsep yang diajarkan di sekolah dengan situasi sehari-hari. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Oktober 2024, 11:23 WIB

15 Hari 4 Nyawa Melayang Kecelakaan di Jalan Cicantayan Sukabumi, Seluruhnya Pemotor

Dua penumpang angkot mengalami luka ringan.
Sepeda motor Honda Scoopy dan angkot yang terlibat kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Rabu malam, 16 Oktober 2024. | Foto: SU