Sukabumi Hujan Deras! Simak Prediksi Cuaca di Jawa Barat 14-20 Oktober 2024

Senin 14 Oktober 2024, 14:49 WIB
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap hujan di sebagian wilayah Jawa Barat. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap hujan di sebagian wilayah Jawa Barat. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa faktor berpengaruh terhadap pembentukan awan konvektif serta terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat selama sepekan sejak 14-20 Oktober 2024.

Mengutip tempo.co, hal itu di antaranya Gelombang Kelvin yang diperkirakan aktif di wilayah Jawa Barat dan suhu muka laut di sebagian perairan Indonesia masih relatif hangat. Pantauan pada Senin siang (14/10/2024), hujan deras mengguyur Sukabumi, terutama wilayah kota.

Selain itu, menurut Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetia, diperkirakan dalam sepekan ke depan ada konfluensi atau pertemuan angin dan konvergensi, yaitu perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Laut Jawa. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan dengan tingkat labilitas atmosfer lokal yang ringan hingga kuat.

“Serta mendukung proses konvektif pada skala lokal di sebagian wilayah Jawa Barat,” katanya lewat keterangan tertulis, Minggu, 13 Oktober 2024.

Berdasarkan prakiraan perkembangan dinamika atmosfer pada skala global, regional, dan lokal, serta model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan hujan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat. Sementara itu, potensi hujan sedang hingga sangat lebat yang disertai petir dan angin kencang hanya selama empat hari.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Oktober 2024, Langit di Awal Pekan Potensi Berawan dan Hujan Ringan

Potensi cuaca tersebut pada Senin, 14 Oktober, meliputi Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung. Pada Selasa cuaca itu berpotensi di Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan wilayah Bandung Raya.

Pada Rabu, mencakup Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Karawang, Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Purwakarta dan Cianjur. Sementara Kamis hingga Sabtu, 17-19 Oktober 2024 nihil potensi hujan sedang hingga sangat lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Kemudian pada 20 Oktober, BMKG memprediksi potensi cuaca hujan di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Purwakarta, Subang, dan Karawang.

BMKG meminta semua pihak agar waspada terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada skala lokal dengan durasi relatif singkat, khususnya wilayah Jawa Barat bagian barat yang akan memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment14 Oktober 2024, 17:15 WIB

Tiga Tahun Pacaran, Akhirnya Harris Vriza Melamar Haviza Devi Anjani

Setelah lama berpacaranya, akhirnya Harris Vriza melamar kekasihnya yakni Haviza Devi Anjani. Momen tersebut Harris bagikan ke instagram pada Senin, (14/10/2024).
Tiga Tahun Pacaran, Akhirnya Harris Vriza Melamar Haviza Devi Anjani (Sumber : Instagram/@harrisvriza)
Musik14 Oktober 2024, 17:00 WIB

New Realease! Ini Lirik Lagu Sampaikan Rindu Lyodra di Album Melangkah

Salah satu Lagu Lyodra di Album Melangkah adalah Sampaikan Rindu, berada di daftar yang sama dengan Lagu Jangan Pernah Kembali kolaborasi Lyly dengan Andi Rianto.
Cover Visualizer Video Lagu Sampaikan Rindu Lyodra di Album Melangkah. Foto: YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi14 Oktober 2024, 16:41 WIB

Kontrakan di Bojonggenteng Sukabumi Rusak Tertimpa Pohon akibat Angin Kencang, Penghuni Terluka

Camat Bojonggenteng Sukabumi Sri Resmiati mengatakan, peristiwa pohon tumbang yang menimpa rumah kontrakan ini akibat diterjang angin kencang.
Kondisi rumah kontrakan yang rusak tertimpa pohon duku tumbang akibat angin kencang pada Minggu (13/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Entertainment14 Oktober 2024, 16:30 WIB

Sean Diddy Combs Dijadwalkan Hadapi Sidang Kasus Perdagangan Seks pada 2025

Setelah ditangkap oleh FBI pada 16 September 2024 lalu, Sean ‘Diddy’ Combs akhirnya menampilkan diri ketika hadir di Pengadilan Federal Manhattan pada Kamis, 10 Oktober 2024
Sean Diddy Combs Dijadwalkan Hadapi Sidang Kasus Perdagangan Seks pada 2025 (Sumber : Istimewa)
Life14 Oktober 2024, 16:00 WIB

Kisah Hutan Gunung Dukuh Ciamis yang Konon Dijaga Harimau Lodaya

Hutan Gunung Dukuh di Ciamis, Jawa Barat, memiliki kisah mistis yang telah lama dikenal oleh masyarakat sekitar.
Hutan Gunung Dukuh di Ciamis, Jawa Barat, memiliki kisah mistis yang telah lama dikenal oleh masyarakat sekitar. (Sumber : Freepik.com).
Entertainment14 Oktober 2024, 15:30 WIB

Dapat Hujatan Selama Dua Bulan, Azizah Salsha Sindir Rachel Vennya

Permasalahan antara Rachel Vennya dan Azizah Salsha kian memanas usai muncul adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh istri Pratama Arhan itu dengan Salim Nauderer, mantan kekasih Rachel.
Dapat Hujatan Selama Dua Bulan, Azizah Salsha Sindir Rachel Vennya (Sumber : Instagram/@rachelvennya dan @azizahsalsha_)
DPRD Kab. Sukabumi14 Oktober 2024, 15:23 WIB

DPRD-Pemkab Sukabumi Setujui Raperda soal Perlindungan Masyarakat Adat Jadi Perda

Raperda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat disetujui jadi perda definitif dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Pimpinan DPRD menunjukan Berita Acara persetujuan Raperda tentang  pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat jadi perda definitif. (Sumber : Dok. DPRD)
Inspirasi14 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Pramugari dan Pramugara di KAI Services, Minimal SMA Sederajat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Pramugari dan Pramugara di KAI Services, Minimal SMA Sederajat. (Sumber : Instagram/@rmu.id)
Science14 Oktober 2024, 14:49 WIB

Sukabumi Hujan Deras! Simak Prediksi Cuaca di Jawa Barat 14-20 Oktober 2024

Ada potensi hujan sedang hingga sangat lebat disertai petir dan angin kencang.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap hujan di sebagian wilayah Jawa Barat. | Foto: Pixabay
Entertainment14 Oktober 2024, 14:30 WIB

Demi Kebaikan Member Lain, Seunghan Putuskan Untuk Keluar dari RIIZE

Kabar mengejutkan datang dari Seunghan yang memutuskan untuk keluar dari boy grup RIIZE setelah dua hari lalu agensi mengumumkan dirinya akan aktif kembali bersama grup.
Demi Kebaikan Member Lain, Seunghan Putuskan Untuk Keluar dari RIIZE (Sumber : Istimewa)