Termasuk Sukabumi, BMKG Prediksi Jawa Barat Masih Diguyur Hujan Awal Oktober

Senin 30 September 2024, 11:23 WIB
(Foto Ilustrasi) Hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Barat pada pekan ini. | Foto: SU

(Foto Ilustrasi) Hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Barat pada pekan ini. | Foto: SU

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan berintensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Barat pada pekan ini atau awal Oktober 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi peluang hujan sedang hingga sangat lebat, bahkan disertai petir dan angin kencang di beberapa daerah, namun tidak merata.

Mengutip tempo.co, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetia mengatakan pembentukan awan hujan masih dipengaruhi suhu muka laut yang hangat di sebagian perairan Indonesia. Labilitas atmosfer bervariasi, namun secara umum berada pada kategori labil ringan hingga sedang. “Gelombang atmosfer Rossby diprakirakan aktif di wilayah Pulau Jawa,” katanya pada 29 September 2024.

Rakhmat mengimbau masyarakat yang menghuni bagian barat Provinsi Jawa Barat selalu waspada dan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem, terutama angin kencang pada skala lokal. Hujan ekstem berdurasi relatif diprediksi sering muncul dalam masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 September 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Bulan!

Pada hari ini, Senin, 30 September 2024, merujuk informasi BMKG, hujan sedang hingga sangat lebat bakal turun di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Garut, Kabupaten Bandung, Ciamis, Kuningan, dan Majalengka. Wilayah potensial hujan berkurang pada hari pertama Oktober 2024, menjadi hanya Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Hujan sedang hingga lebat itu berpotensi turun lagi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Kabupaten, dan Kota Sukabumi, pada 2 Oktober nanti. Sehari setelah itu, wilayah yang akan hujan meliputi Kabupaten dan Kota Bogor, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Subang, Ciamis, Kuningan, Kota Depok, hingga Purwakarta.

Pada akhir pekan ini, BMKG mendeteksi potensi hujan petir dan angin kencang di Kabupaten dan Kota Bogor, Cianjur, serta Kabupaten dan Kota Sukabumi. Ada juga potensi yang sama di Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Garut, dan Kota Tasikmalaya, pada 5-6 Oktober 2024.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 September 2024, 17:13 WIB

Misteri Jalan Tamansari Bandung, Konon Dihuni Kuntilanak dari Sungai Cikapundung

Jalan Tamansari Bandung Konon Dihuni Kuntilanak. Dari Uji Nyali, bayangan putih tertawa menyeringai nyaring keluar dari aliran Sungai Cikapundung.
Ilustrasi. Menurut warga, Jalan Tamansari Bandung gelap karena setiap lampu yang dipasang selalu pecah. (Sumber : Freepik/rorozoa)
Sukabumi30 September 2024, 17:01 WIB

Motif 4 Anggota Geng Motor Aniaya Hingga Tusuk 2 Pemuda di Sukabumi

Berikut motif dan kronologi insiden penganiayaan dan penusukan dua pemuda di Kota Sukabumi oleh empat anggota geng motor mild community.
Tampang 4 anggota geng motor pelaku penganiayaan dan penusukan di Kota Sukabumi saat dihadirkan dalam konferensi pers Polres Sukabumi Kota, Senin (30/9/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi30 September 2024, 17:01 WIB

Hujan Angin Terjang 4 Kecamatan di Sukabumi, Ini Data Kerusakannya

Hujan deras dan angin kecang atau badai yang mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi pada Minggu, 29 September 2024, kemarin, menyebabkan bencana di empat kecamatan
Badai melanda 4 kecamatan di Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik30 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andini: Aku Takkan Bertahan Bila Tak Teryakinkan

Inilah Full Lirik Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andini yang sudah dirilis Preview-nya di penggalan "Aku Takkan Bertahan Bila Tak Teryakinkan".
Cover Preview Lagu Bukan Untukku versi Tiara Andini. (Sumber : Istimewa)
Life30 September 2024, 16:00 WIB

Misteri Jalur Tengkorak Tanjakan Emen Subang, Jalan Mulus yang Bisa Berujung Kecelakaan Maut

Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan curam yang terletak di kawasan Subang, Jawa Barat, dan dikenal oleh banyak orang karena sering terjadi kecelakaan di sana.
Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan curam yang terletak di kawasan Subang, Jawa Barat, dan dikenal oleh banyak orang karena sering terjadi kecelakaan di sana. (Sumber : Instagram/@dudisugandi).
Sukabumi30 September 2024, 15:31 WIB

4 Anggota Geng Motor Penusuk Pemuda di Sukabumi Ditangkap, Pelaku Ungkap Pemicu Kejadian

Empat anggota geng motor Mild Community penusuk dua pemuda di Kota Sukabumi ditangkap.
Tampang 4 anggota geng motor pelaku penganiayaan dan penusukan di Kota Sukabumi saat dihadirkan dalam konferensi pers Polres Sukabumi Kota, Senin (30/9/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Inspirasi30 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Posisi Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Posisi Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya! (Sumber : Freepik)
Sukabumi30 September 2024, 14:43 WIB

Dituduh Curi Uang Rp30 Juta, Pedagang Es Keliling di Sukabumi Dikeroyok Hingga Babak Belur

Berikut kesaksian pedagang es keliling di Warungkiara Sukabumi yang dikeroyok hingga babak belur karena dituduh mencuri uang Rp30 Juta.
Jujun Junaedi (54 tahun) pedagang es keliling di Warungkiara Sukabumi saat menunjukan sejumlah luka memar di wajahnya. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi30 September 2024, 14:14 WIB

10 Tahun Rasakan Dampak Negatif, Warga Nagrak Sukabumi Tolak Perpanjangan Izin Tower BTS

Warga Kampung Sinagar Nagrak Sukabumi pasang spanduk tolak perpanjangan izin operasional Tower BTS milik PT STP, ini alasannya.
Tower BTS milik PT STP ditolak warga Kampung Sinagar RT 2/2, Gang Turbin, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life30 September 2024, 14:00 WIB

G30S/PKI: Bagaimana Pelanggaran HAM Berat Menurut Generasi Baby Boomers & Milenial?

Soal Pelanggaran HAM Berat atau Peristiwa G30S/PKI, riset mengungkap ternyata ada perbedaan persepsi antara Generasi Baby Boomers & Milenial.
Peristiwa G30S/PKI terjadi pada dini hari 30 September hingga 1 Oktober 1965. Foto: Instagram/albahjahtv