Bumi Akan Memiliki Dua Bulan Pada 29 September 2024, Simak Penjelasannya

Jumat 27 September 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@flo222).

Ilustrasi - Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@flo222).

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kabar menarik tentang fenomena langit yang akan terjadi pada 29 September 2024. Bumi memang sempat dihebohkan dengan kabar akan memiliki "dua bulan" untuk sementara waktu.

Lalu benarkah Bumi bakal memiliki bulan kedua?

Namun, perlu kita luruskan bahwa yang dimaksud bukanlah adanya bulan kedua yang permanen seperti Bulan yang kita kenal selama ini. 

Menurut studi terbaru, sebuah asteroid kecil akan menjadi "bulan mini" yang mengorbit Bumi selama hampir dua bulan, mulai dari 29 September hingga 25 November 2024.

Berdasarkan yang dikutip dari laman Space, asteroid yang dinamai 2024 PT5 ditemukan pada 7 Agustus menggunakan sistem Asteroid Terrestrial-impact Last Alert di Sutherland, Afrika Selatan.

Sebuah artikel di jurnal Research Notes of the American Astronomical Society mengungkapkan bahwa asteroid tersebut berasal dari sabuk asteroid Arjuna, yang berisi batuan luar angkasa dengan orbit yang mirip dengan Bumi.

Carlos de la Fuente Marcos, profesor di Universidad Complutense de Madrid dan penulis utama studi ini, menjelaskan bahwa asteroid 2024 PT5 akan sementara waktu mengelilingi Bumi sebelum kembali ke orbitnya di sekitar Matahari. Sabuk asteroid Arjuna, tempat asal asteroid ini, terletak sekitar 93 juta mil dari Matahari.

"Objek yang akan mengunjungi kita termasuk dalam sabuk asteroid Arjuna, sabuk asteroid sekunder yang terbuat dari batuan angkasa yang mengikuti orbit yang sangat mirip dengan  Bumi  pada jarak rata-rata ke  matahari  sekitar 93 juta mil (150 juta kilometer)," kata Marcos, dikutip dari space.

Fenomena serupa ini ternyata bukan pertama kalinya terjadi. Kejadian "bulan mini" pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1981 dan 2022.

Objek yang bergerak mendekati Bumi dengan kecepatan rendah sering kali mengalami fase di mana energi geosentrik mereka menjadi negatif, sehingga gravitasi Bumi menangkapnya untuk sementara sebelum mereka kembali meluncur ke luar angkasa.

Sayangnya, asteroid 2024 PT5 tidak akan dapat dilihat dengan mata telanjang atau teleskop biasa. Menurut Marcos, hanya teleskop profesional dengan diameter minimal 30 inci yang dilengkapi detektor khusus yang dapat mengamati bulan mini ini.



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 September 2024, 14:07 WIB

Safari Politik dan Bertemu Anak Muda Sukabumi, PKS: Syaikhu Siap Mengulang Kesuksesan Aher

PKS memastikan seluruh kota dan kabupaten se-Jawa Barat terkelilingi oleh ASIH.
Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu (kemeja putih) bersama Wakil Ketua BPW Banjabar DPTP PKS drh Slamet (samping kanan Syaikhu) bertemu masyarakat Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 26 September 2024. | Foto: PKS
Food & Travel27 September 2024, 14:00 WIB

Wisata Budaya Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat, Banyak Spot Foto & HTM Gratis!

HTM Gratis! Banyak tempat di Kampung Naga yang bisa dijadikan spot foto instagrammable, mulai dari gerbang pintu masuk, balai pertemuan, lumbung padi hingga berfoto di ratusan tangganya yang ikonik.
Rumpah Panggung di Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kampungnaga_tasikmalaya)
Musik27 September 2024, 13:30 WIB

Adrian Khalif dan Bernadya Collab Bareng, Rilis Lagu Galau Bertajuk "Asumsi"

Updaters yang suka Lagu Galau walau tidak ada yang menyakiti, cocok banget dengar mahakarya Adrian Khalif dan Bernadya kali ini, bertajuk "Asumsi".
Adrian Khalif dan Bernadya Collab Bareng, Ini Lirik Lagu Asumsi yang Baru Rilis. Foto: Instagram/adriankhalif
Nasional27 September 2024, 13:08 WIB

AJI Imbau Media Massa Taat Kode Etik dalam Pemberitaan Kekerasan Seksual di Gorontalo

AJI mendorong agar media massa selalu patuh pada kode etik, dan menghasilkan karya jurnalistik yang mencerahkan.
(Foto Ilustrasi) AJI mendorong media massa agar taat kode etik pemberitaan kekerasan seksual. | Foto: Istimewa
Food & Travel27 September 2024, 13:00 WIB

Curug Cigumawang yang Mempesona, HTM Rp10.000 Berjarak 30 Km dari Pusat Kota Serang Banten

Curug Cigumawang memiliki beberapa daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata populer, terutama bagi para pecinta alam.
Curug Cigumawang memiliki beberapa daya tarik yang menjadikannya destinasi wisata populer, terutama bagi para pecinta alam. (Sumber : Instagram/@mlutfi.17/@arizalinside).
Entertainment27 September 2024, 12:30 WIB

Jaehyun NCT akan Wajib Militer November, Tulis Pesan Hangat untuk Penggemar

Kabar mengejutkan datang dari salah member boygroup NCT, Jaehyun yang akan mulai melaksanakan wajib militer pada Senin, 4 November 2024 mendatang.
Jaehyun NCT akan Wajib Militer November, Tulis Pesan Hangat untuk Penggemar (Sumber : Instagram/@_jeongjaehyun)
Bola27 September 2024, 12:00 WIB

David da Silva Sudah Pulih dari Cedera, Akankah Tampil Lawan Madura United?

Bobotoh berharap David da Silva bisa kembali memperkuat lini depan Persib saat menghadapi Madura United, setelah sebelumnya pelatih memberikan sinyal positif mengenai kesiapan sang pemain.
Bojan Hodak mengindikasikan bahwa David da Silva siap bermain saat Persib berhadapan dengan Madura United akhir pekan ini. (Sumber : X/@persib)
Sukabumi27 September 2024, 11:23 WIB

Mitigasi Megathrust dan Tsunami, Cek Fungsi EWS di Laut Sukabumi

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Deden Sumpena, mengungkapkan hasil pengecekan alat pendeteksi tsunami atau EWS pada Kamis (26/9/2024).
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Deden Sumpena saat memonitor kondisi alat pendeteksi Tsunami EWS yang terpasang dibeberapa titik dari ruang Pusdalops. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 September 2024, 11:00 WIB

Peuyeum Legend, Oleh-oleh Bandung Jadul yang Eksis Sejak Zaman Belanda

Peuyeum merupakan makanan tradisional Jawa Barat dari Singkong yang difermentasi.
Peuyeum Bandung, Makanan Fermentasi Tradisional dari Singkong. Foto: Instagram/@budayajabar
Science27 September 2024, 10:30 WIB

Bumi Akan Memiliki Dua Bulan Pada 29 September 2024, Simak Penjelasannya

Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024.
Ilustrasi - Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@flo222).