Fakta Menarik Sains: Mayoritas Oksigen Bumi Ternyata Berasal dari Lautan!

Senin 23 September 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi. Laut. Sebagian besar oksigen di Bumi ternyata diproduksi oleh lautan. (Sumber : Pixabay/DimitrisVetsikas)

Ilustrasi. Laut. Sebagian besar oksigen di Bumi ternyata diproduksi oleh lautan. (Sumber : Pixabay/DimitrisVetsikas)

SUKABUMIUPDATE.com - Oksigen adalah unsur kimia dengan simbol O dan nomor atom 8. Oksigen merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.

Gas dengan rumus kimia O2 ini sangat penting bagi kehidupan di Bumi karena diperlukan oleh hampir semua makhluk hidup untuk proses pernapasan.

Tahukah Anda? Sebagian besar oksigen di Bumi ternyata diproduksi oleh lautan!

Menurut penelitian, sekitar 50-80% oksigen di atmosfer Bumi berasal dari organisme laut, terutama melalui proses fotosintesis yang dilakukan oleh fitoplankton, alga, dan tumbuhan laut lainnya.

Baca Juga: Prasasti Jawa Kuno di Sungai Cicatih Sukabumi, Bukti Kerajaan Sunda di Jabar

Meskipun rahasia umum yang beredar adalah oksigen berasal dari hutan hujan. Faktanya, organisme laut berbasis tumbuhan ternyata memproduksi oksigen untuk udara segar itu, menurut National Oceanic Service.

Plankton, rumput laut, dan fotosintesis lainnya menghasilkan lebih dari setengah oksigen dunia. Meskipun para ilmuwan masih belum dapat menjelaskan misteri lautan lainnya.

Lantas, berapa banyak oksigen yang berasal dari laut? Merujuk laman resmi Pusat Nasional untuk Ilmu Kelautan Pesisir NOAA, diperkirakan sekitar setengah oksigen Bumi berasal dari lautan.

Lapisan permukaan laut dipenuhi dengan plankton fotosintetik. Meskipun tidak terlihat oleh mata telanjang, mereka menghasilkan lebih banyak oksigen daripada pohon redwood terbesar.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa sekitar setengah dari produksi oksigen di Bumi berasal dari lautan. Sebagian besar produksi oksigen berasal dari plankton samudra — tumbuhan yang hanyut, alga, dan beberapa bakteri yang dapat berfotosintesis.

Salah satu spesies tertentu, Prochlorococcus, adalah organisme fotosintesis terkecil di Bumi. Namun, bakteri kecil ini menghasilkan hingga 20% oksigen di seluruh biosfer. Persentase produksi oksigen itu lebih tinggi daripada akumulasi semua hutan hujan tropis di daratan.

Baca Juga: Air Danau Mengalir Misterius, Lost Lake Oregon Wisata Ajaib Diluar Nalar

Menghitung persentase pasti oksigen yang diproduksi di lautan sulit dilakukan karena jumlahnya terus berubah.

Ilmuwan dapat menggunakan citra satelit untuk melacak plankton yang melakukan fotosintesis dan memperkirakan jumlah fotosintesis yang terjadi di lautan. Akan tetapi citra satelit tidak dapat menceritakan keseluruhan jumlah oksigen yang dihasilkan oleh laut.

Sebab, jumlah plankton berubah secara musiman dan sebagai respons terhadap perubahan beban nutrisi air, suhu, dan faktor-faktor lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah oksigen di lokasi tertentu bervariasi menurut waktu dan pasang surut air laut.

Penting untuk diingat bahwa meskipun lautan menghasilkan setidaknya 50% oksigen di Bumi, oksigen juga dikonsumsi saat tumbuhan dan hewan yang mati membusuk di lautan.

Kemudian, seperti hewan di darat, hewan laut juga menggunakan oksigen untuk bernapas, dan baik tumbuhan maupun hewan menggunakan oksigen untuk respirasi seluler.

Ada juga oksigen di atmosfer yang telah terakumulasi selama ratusan juta tahun. Sebagai hewan darat, sebagian besar oksigen yang dihirup manusia berasal dari sumber produksi oksigen ini.

Hal ini khususnya menjadi masalah ketika ledakan alga mati dan proses dekomposisi menggunakan oksigen lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang. Kondisi tersebut dapat menciptakan area dengan konsentrasi oksigen yang sangat rendah, atau hipoksia.

Baca Juga: Kenapa Sukabumi Dijuluki Kota Mochi? 2 Versi Sejarah Ini Ungkap Alasannya!

Area dengan oksigen yang rendah sering disebut zona mati, karena kadar oksigen terlalu rendah untuk mendukung sebagian besar kehidupan laut. Maka dari itu, Pusat Nasional untuk Ilmu Kelautan Pesisir NOAA melakukan penelitian dan prakiraan ekstensif tentang ledakan alga dan hipoksia untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada ekosistem laut dan lingkungan manusia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)