Pohon Pinus Bisa Prediksi Cuaca, 10 Fakta Menarik Sains yang Harus Kamu Ketahui

Selasa 17 September 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Sains mengajarkan kita untuk berpikir logis, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan yang rasional. (Sumber : Pixabay.com/@DukeAsh).

Ilustrasi - Sains mengajarkan kita untuk berpikir logis, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan yang rasional. (Sumber : Pixabay.com/@DukeAsh).

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia sains memang penuh dengan keajaiban dan fakta-fakta menarik yang terus terungkap. Mengapa mempelajari sains itu penting?

Sains membantu kita memahami dunia di sekitar kita, mulai dari alam semesta hingga tubuh manusia. Apalagi sains terus berkembang, dan selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari dan eksplorasi.

Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik sains yang harus kamu ketahui, dikutip dari laman wonderworksonline.

1. Pisang Bersifat Radioaktif

Buah pisang mengandung kalium, dan karena kalium inilah buah berwarna kuning ini sedikit bersifat radioaktif. Namun jangan khawatir, karena kamu perlu memakan sepuluh juta pisang sekaligus untuk mati karena keracunan radiasi yang disebabkan oleh pisang.

2. Belalang Memiliki Telinga di Perutnya

Di setiap sisi ruas perut pertama, yang terselip di bawah sayap, kamu akan menemukan selaput yang bergetar sebagai respons terhadap gelombang suara. Gendang telinga sederhana ini, yang disebut timpani, yang memungkinkan belalang mendengar nyanyian belalang lainnya.

3. Kadal Menggunakan Lidahnya untuk Mencium Bau

Kadal menjulurkan lidahnya untuk menangkap partikel bau di udara, lalu menarik lidahnya dan menempelkan partikel tersebut di langit-langit mulutnya, tempat terdapat sel-sel sensorik khusus. Kadal dapat menggunakan "petunjuk" bau ini untuk menemukan makanan atau pasangan atau untuk mendeteksi musuh.

4. Hujan Berlian di Planet Lain

Atmosfer di Neptunus, Uranus, dan Saturnus memiliki tekanan yang sangat ekstrem sehingga dapat mengkristalkan atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian.

5. Paru-paru Kiri Manusia Sekitar 10 Persen Lebih kecil daripada yang Kanan

Paru-paru kiri lebih kecil karena ruang yang ditempati oleh jantung. Setiap paru-paru terbagi menjadi lobus yang bercabang dari bronkus utama, paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua lobus.

6. Paus Pembunuh Sebenarnya adalah Lumba-lumba

Ciri fisik utama yang memastikan bahwa orca adalah lumba-lumba adalah adanya melon atau endapan lemak yang membantu hewan tersebut ekolokasi (sonar bilogis), dan itu hanya ada pada lumba-lumba.

7. Mengenakan Dasi dapat Mengurangi Aliran Darah ke Otak Hingga 7,5 persen

Mengenakan dasi yang menyebabkan sedikit ketidaknyamanan dapat mengurangi aliran darah ke otak hingga 7,5 persen, tetapi pengurangan tersebut tidak mungkin menimbulkan gejala fisik apa pun. Dasi dapat menyebabkan sakit kepala dan meningkatkan tekanan pada mata jika terlalu ketat.

8. Hewan dapat Alergi Terhadap Manusia

Hewan dapat alergi terhadap sel kulit mati manusia. Reaksi alergi ini dapat sama seperti yang kita alami, termasuk kesulitan bernapas dan iritasi kulit.

9. Pohon Pinus dapat Mengetahui Apakah Akan Turun Hujan

Coba kamu perhatikan baik-baik saat melihat buah pohon pinus. Jika tertutup, itu bisa terjadi karena udara di sekitar lembap, yang dapat mengindikasikan hujan akan segera turun.

10. Otak Manusia Terus-menerus Memakan Dirinya Sendiri

Proses ini disebut fagositosis, di mana sel-sel membungkus dan memakan sel-sel atau molekul yang lebih kecil untuk mengeluarkannya dari sistem. Namun jangan khawatir, Fagositosis tidak berbahaya, tetapi sebenarnya membersihkan sel-sel otak yang sudah mati atau rusak, sehingga menjaga kesehatan jaringan otak secara keseluruhan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)