Macan Tutul Ciemas Sukabumi Bikin Panik, Apa Perbedaan Leopard dan Harimau?

Jumat 23 Agustus 2024, 14:48 WIB
Ilustrasi. Macan tutul. Macan Tutul Ciemas Sukabumi Bikin Panik, Apa Perbedaan Leopard dan Harimau? (Sumber : Pexels/GillHeward)

Ilustrasi. Macan tutul. Macan Tutul Ciemas Sukabumi Bikin Panik, Apa Perbedaan Leopard dan Harimau? (Sumber : Pexels/GillHeward)

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor macan tutul menggegerkan warga Kampung  Cijambe RT 004/003 Kedusunan Tamanjaya, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (22/8/2024) kemarin. Kabar itu dibenarkan oleh Sekretaris Desa, Muhidin.

Muhidin mengatakan, binatang buas Leopard tersebut berukuran sebesar domba Garut dan diperkirakan memiliki berat 40-50 kilogram. Ia menduga hewan tersebut berasal dari Hutan Cipeucang.

Macan tutul berukuran besar yang muncul di Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Sukabumi.Macan tutul berukuran besar yang muncul di Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas Sukabumi.

Adapun keberadaan macan tutul di Ciemas Sukabumi ini bermula dari laporan pengembala domba di area semak-semak perkebunan yang tak jauh dari permukiman warga sekitar pukul 15.00 WIB.

Namun, usai dikejar warga, macan tutul tersebut tengah bertengger di atas pohon setinggi 12 meter.

“Awalnya dikira warga itu babi hutan, lalu diusir pakai bambu. Warga kaget setelah melihat bahwa itu macan tutul, lalu memberi laporan kepada Pemdes, dan sempat diburu ramai ramai, namun binatang tersebut memanjat pohon jengjeng, sekitar 12 meteran," terangnya.

Baca Juga: Randa hingga Bujang, 21 Kosakata Bahasa Sunda Tentang Status dan Artinya

Adanya hewan buas di kawasan warga -seperti macan tutul di Ciemas Sukabumi, kerap menimbulkan rasa khawatir. Namun, perlu digaris bawahi, macan tutul bukan lah harimau si raja hutan. Mari menyimak artikel tentang perbedaan macan tutul dan harimau berikut!

Dalam bahasa inggris, macan tutul disebut Leopard sedangkan harimau adalah tiger. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Harimau dan Macan Tutul

Harimau dan macan tutul adalah jenis hewan kucing yang termasuk dalam keluarga dan genus yang sama. Merujuk differencebetween.net, meskipun kedua kucing besar ini memiliki beberapa kesamaan dalam beberapa karakteristik, ada perbedaan besar di antara keduanya.

Salah satu perbedaan mencolok antara harimau dan macan tutul adalah pada bulu luarnya. Harimau memiliki garis-garis vertikal gelap pada latar belakang putih atau jingga. Alih-alih garis-garis vertikal, macan tutul memiliki bintik-bintik atau roset pada bulunya. Orang dapat melihat sejumlah besar bintik-bintik kecil pada tubuh macan tutul.

Jika dibandingkan dari segi ukuran kedua kucing besar ini, macan tutul lebih kecil daripada harimau. Jika harimau memiliki berat sekitar 500 pon, macan tutul hanya memiliki berat 140 pon.

Namun, jika berbicara tentang kekuatan, harimau memiliki keunggulan dibandingkan macan tutul. Harimau memiliki kaki dan bahu yang lebih kuat daripada macan tutul.

Baca Juga: 13 Cara Mengenali Jodoh atau Bukan, Apakah Dia Orang yang Tepat?

Bila seekor harimau panjangnya mencapai 6 kaki dan ekornya sepanjang tiga kaki, maka macan tutul panjangnya sekitar 6,25 kaki dan ekornya sekitar 4,5 kaki.

Tidak seperti harimau, macan tutul dikenal karena kemampuannya memanjat. Macan tutul sering terlihat beristirahat di puncak pohon. Meskipun kedua kucing besar ini dikenal sebagai perenang yang baik, harimau merupakan perenang yang lebih baik jika dibandingkan dengan macan tutul.

Macan tutul sangat terkonsentrasi di Afrika sub-Sahara dan juga terlihat di India, Cina, Indo-Cina, dan Malaysia. Sementara itu, populasi harimau lebih terkonsentrasi di Asia Selatan dan timur.

Sebelumnya, macan tutul diyakini sebagai hasil persilangan antara singa dan macan kumbang. Oleh karena itu, nama macan tutul merupakan campuran dari kata Yunani leon (singa) dan pardos (macan kumbang), alias Leopard. Harimau adalah kata yang juga diambil dari bahasa Yunani 'Tigris', yang berarti anak panah (merujuk pada kecepatan harimau).

*Catatan: Artikel mengutip ulasan dari Difference Between Tiger and Leopard | Difference Between dilaman differencebetween.net.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).