Warga Sukabumi Hati-hati! BMKG Bilang Cuaca di Jabar Masih Hujan Sepekan ke Depan

Senin 24 Juni 2024, 14:00 WIB
(Foto Ilustrasi) BMKG memprediksi hujan masih akan mengguyur wilayah Jabar pada 24-30 Juni 2024. | Foto: Pixabay/aranha

(Foto Ilustrasi) BMKG memprediksi hujan masih akan mengguyur wilayah Jabar pada 24-30 Juni 2024. | Foto: Pixabay/aranha

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG memprediksi hujan berintensitas ringan hingga sedang masih akan mengguyur sebagian besar area di Jawa Barat (Jabar) pada 24-30 Juni 2024. Menurut Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jabar, salah satunya disebabkan suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia bagian barat yang relatif hangat.

“Labilitas atmosfer secara umum sangat bervariasi pada kategori labil ringan hingga kuat,” katanya melalui keterangan tertulis.

Sepekan lalu, mengutip tempo.co, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat terjadi di sebagian wilayah Bogor, Karawang, Sukabumi, Cianjur, dan Subang. Pada sepuluh hari kedua Juni 2024, sebagian daerah di pantai utara atau Pantura mengalami hari tanpa hujan terpanjang yaitu selama 27 hari. Daerah yang kering pada awal kemarau itu mencakup Ambit di Cirebon, Leuweung Seureuh di Karawang, dan Pawelutan di Subang.

Baca Juga: Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Sementara hari ini, Senin, 24 Juni 2024, Stasiun Klimatologi Jabar tak menangkap potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat. Kemungkinan itu baru ada pada Selasa, 25 Juni, di Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Sukabumi, dan Garut. Sehari setelahnya atau 26 Juni 2024, hujan lebat akan turun di Kabupaten Sukabumi, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Ciamis.

Hujan kategori sedang akan kembali mengguyur di beberapa daerah pada Jumat, 28 Juni 2024, mencakup Sukabumi, Cianjur, dan Pangandaran, serta Kabupaten Bogor. Ada juga prediksi yang sama di Sukabumi, Cianjur, Subang, Kabupaten Bandung Barat, dan Garut, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

BMKG Jabar sempat memprediksi curah hujan pada dasarian ketiga Juni 2024. Sebagian besar atau 88 persen wilayah di Jabar hanya diguyur kriteria hujan rendah. Adapun 12 persen wilayah Jabar akan mengalami hujan kategori menengah, seperti di sebagian selatan Bogor dan utara Sukabumi.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Juli 2024, 22:03 WIB

Idap Tumor Ganas di Wajah, Kakek Asal Parakansalak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sejak awal tahun 2023, kondisi kesehatan Kakek Madron terus memburuk, membuat aktivitasnya sangat terbatas. Wajahnya mengalami pembengkakan yang semakin membesar
Kakek Madron (69 tahun) warga Parakansalak Sukabumi mengidap tumor ganas di wajah | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel01 Juli 2024, 21:31 WIB

Mengenal Bakar Tongkang, Tradisi Tionghoa di Bagansiapiapi Riau yang Jadi Event Nasional

Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, tiap tahunnya menyedot puluhan ribu wisatawan, baik lokal dan wisatawan mancanegara.
Prosesi pembakaran replika tongkang di Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau. (Sumber : SU/Denis)
Sehat01 Juli 2024, 21:00 WIB

Cara Membuat Teh Jahe Segar untuk Mengobati Asam Urat, Simpel dan Mudah!

Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan.
Ilustrasi. Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi01 Juli 2024, 20:29 WIB

Dinkes Temukan Bakteri Di Sampel Makanan Keracunan Massal Sagaranten Sukabumi

Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten, Sudarna Sukmana, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima hasil Labkesda Provinsi Jawa Barat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Dinas Kesehatan Sukabumi sudah menerima hasil labkesda terkait sampel makanan keracunan massal di Sagaranten Sukabumi | Foto : Ilustrasi / Pixabay
Sehat01 Juli 2024, 20:00 WIB

Asam Urat Gak Serem Lagi: 13 Cara Alami Mencegahnya Agar Tidak Kembali

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Pexels.com/@Anna Tarazevich).
Sukabumi01 Juli 2024, 19:59 WIB

Sidat Banyak Diburu Di Sungai-sungai Sukabumi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ikan sidat atau lubang banyak ditemukan di sejumlah sungai yang berada di Sukabumi. Lalu, kenapa banyak yang berburu ikan sidat. Apa manfaat dan kelebihannya.
Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Gadget01 Juli 2024, 19:00 WIB

10 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Secara Efektif, Jadi Lancar Kembali Loh!

Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda.
Ilustrasi - Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi01 Juli 2024, 18:50 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cibadak Lakukan Pemeliharaan Jaringan Pipa

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi cabang Cibadak melaksanakan pemeliharaan jaringan pipa berdiameter 6 inci di Jalan Karangtengah, Desa Karangtengah
Petugas Perumdam TJM Cibadak saat memperbaiki pipa pelayanan air minum di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024) | Foto : Dok. Perumdam TJM
Internasional01 Juli 2024, 18:20 WIB

66 Ribu Lebih Jemaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat di Tanah Suci

Berikut daftar kloter jemaah haji Indonesia yang telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air Senin, 1 Juli 2024.
Jemaah haji Indonesia di paviliun Bandara Jeddah, bersiap pulang ke tanah air. | Sumber Foto: Kemenag RI
Arena01 Juli 2024, 18:13 WIB

Artis Cantik Asal Sukabumi Mutia Ayu Kepergok Main Voli Tarkam di Cikangkung

Artis Mutia Ayu, yang berasal dari Sukabumi, kepergok sedang bermain voli tarkam (antar kampung) di Cikangkung. Kehadirannya dalam turnamen tersebut terkonfirmasi melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Senin (1/7/2024).
Mutia Ayu saat bermain voli tarkan di Cikangkung Sukabumi | Foto : Capture instagram @mutia_ayuu