9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Kamis 20 Juni 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).

Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).

SUKABUMIUPDATE.com - Titik balik matahari, atau solstis, adalah momen dalam setahun ketika matahari mencapai posisi paling utara atau paling selatan relatif terhadap khatulistiwa langit. Ada dua titik balik matahari dalam setahun: titik balik matahari musim panas dan titik balik matahari musim dingin.

Titik balik matahari akan terjadi di salah satu belahan bumi ketika belahan bumi ini miring paling dekat dengan Matahari dan menerima siang hari secara maksimal.

Kapan itu titik balik matahari terjadi? Di belahan bumi utara, titik balik matahari musim panas akan terjadi pada tanggal 20 Juni 2024. Sementara di Belahan Bumi Selatan akan terjadi pada 21 Desember 2024.

Baca Juga: Titik Balik Matahari 20-22 Juni 2024: Siang Terpanjang dan Malam Terpendek dalam Setahun

Titik balik matahari musim panas menandai hari pertama musim panas dalam istilah astronomi. Pada waktu tersebut, kita mengalami siang terpanjang dan malam terpendek.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari titik balik matahari Juni 2024, dihimpun dari laman timeanddate.

1. Titik Balik Matahari Musim Panas & Musim Dingin

Bagian belahan Bumi Utara yang merupakan hari terpanjang dalam setahun saat siang hari, ini juga disebut sebagai titik balik matahari musim panas. Sebaliknya, pada belahan Bumi Selatan, ini adalah hari terpendek dalam setahun dan dikenal sebagai titik balik matahari musim dingin.

2. Titik Balik Matahari Pertama Tahun Ini Pada Bulan Juni

Titik balik matahari terjadi dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Namun titik balik matahari bulan Juni terjadi sekitar tanggal 21 Juni, saat Matahari tepat berada di atas Tropic of Cancer. Lalu titik balik matahari bulan Desember terjadi sekitar tanggal 21 Desember. Pada hari tersebut, Matahari tepatnya berada di atas Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn).

3. Matahari Tampak Seperti Berhenti

Titik balik matahari berasal dari kata Latin sol yang berarti Matahari dan sistere yang berarti berhenti atau berhenti. Pada hari titik balik matahari bulan Juni, Matahari mencapai posisi paling utara jika dilihat dari Bumi.

Pada saat itu, puncaknya tidak bergerak ke utara atau selatan seperti pada hari-hari lainnya dalam setahun, namun tetap berada di Tropic of Cancer. Ia kemudian berbalik arah dan mulai bergerak ke selatan lagi.

Hal sebaliknya terjadi pada titik balik matahari bulan Desember, Matahari mencapai posisi paling selatan di langit Tropic of Capricorn dan berhenti, lalu berbalik arah ke utara.

4.Terjadi Pada Saat Yang Sama

Secara teknis diseluruh dunia, titik balik matahari bulan Juni adalah waktu yang tepat ketika Matahari berada tepat di atas Garis Balik Utara. Pada tahun 2024, ini terjadi pada tanggal 20 Juni pukul 20:50 UTC (Coordinated Universal Time).

5. Terjadi pada Tanggal 20, 21, atau 22 Juni 2024

Meskipun kebanyakan orang menganggap tanggal 21 Juni sebagai tanggal titik balik matahari bulan Juni, hal ini dapat terjadi kapan saja antara tanggal 20 Juni dan 22 Juni.

Titik balik matahari tanggal 22 Juni jarang terjadi, namun titik balik matahari tanggal 22 Juni dalam waktu UTC terjadi pada tahun 1975 dan tidak akan ada titik balik matahari pada tanggal 22 Juni hingga akan terjadi lagi sampai tahun 2203.

6. Saat Bumi Terjauh dari Matahari

Orang mungkin berpikir bahwa karena belahan bumi utara sedang musim panas, Bumi berada paling dekat dengan Matahari selama titik balik matahari bulan Juni. Tapi justru sebaliknya.

Bumi sebenarnya berada terjauh dari Matahari pada waktu-waktu ini. Faktanya, Bumi akan berada pada Aphelionnya beberapa minggu setelah titik balik matahari bulan Juni.

Jarak Bumi dari Matahari mempunyai pengaruh yang sangat kecil terhadap Musim di Bumi. Sebaliknya, kemiringan sumbu rotasi bumi yang bersudut sekitar 23,4 derajat lah yang menciptakan musim.

Arah kemiringan Bumi tidak berubah selama Bumi mengorbit Matahari dan kedua belahan bumi selalu mengarah ke arah yang sama di ruang angkasa. Yang berubah seiring orbit Bumi mengelilingi Matahari adalah posisi belahan bumi terhadap Matahari.

Belahan Bumi Utara menghadap ke Matahari selama titik balik matahari bulan Juni, sehingga mengalami musim panas. Belahan Bumi Selatan condong menjauhi Matahari dan karenanya menikmati musim dingin pada saat ini.

7. Matahari Terbit Paling Awal Tahun Ini Tidak Terjadi di Wilayah Lain

Meskipun titik balik matahari bulan Juni adalah hari terpanjang di Belahan Bumi Utara, sebagian besar tempat tidak melihat matahari terbit paling awal pada hari ini. Matahari terbit paling awal terjadi beberapa hari sebelumnya, dan matahari terbenam paling akhir terjadi beberapa hari setelah titik balik matahari bulan Juni.

Di Belahan Bumi Selatan, di mana hari tersebut menandai titik balik matahari musim dingin, matahari terbenam paling awal terjadi beberapa hari sebelum titik balik matahari, dan matahari terbit terakhir terjadi beberapa hari setelahnya.

Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara waktu yang diukur menggunakan jam dan waktu yang diukur dengan jam matahari.

8. Bukan Hari Terpanas dalam Setahun

Faktanya, hari terpanas dalam setahun di Belahan Bumi Utara biasanya terjadi beberapa minggu atau terkadang beberapa bulan setelah titik balik matahari. Hal ini karena lautan dan daratan membutuhkan waktu untuk memanas, sehingga suhu udara menjadi lebih tinggi. Fenomena ini disebut dengan penundaan atau ketertinggalan musim.

9. Lingkaran Arktik memiliki 24 Jam Saat Siang Hari

Titik balik matahari bulan Juni adalah satu-satunya hari dalam setahun ketika semua lokasi di dalam Lingkaran Arktik mengalami periode siang hari terus menerus selama 24 jam. Namun karena pembiasan atmosfer, matahari tengah malam terlihat selama beberapa hari sebelum dan pada titik balik matahari bulan Juni dari wilayah sejauh 60 mil (97 kilometer) selatan Lingkaran Arktik.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).