Rekomendasi 5 Tanaman Pembersih Udara, Cocok Disimpan dalam Ruangan

Jumat 25 Agustus 2023, 12:30 WIB
Lidah Mertua | Rekomendasi 5 Tanaman Pembersih Udara, Cocok Disimpan dalam Ruangan (Sumber : Freepik/@wirestock)

Lidah Mertua | Rekomendasi 5 Tanaman Pembersih Udara, Cocok Disimpan dalam Ruangan (Sumber : Freepik/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanaman pembersih udara urgensinya kian dibutuhkan di tengah permasalahan polusi yang kini menghantui. Hal ini menjadi bukti konsep hidup manusia yang harus berdampingan dan damai dengan alam.

Deretan tanaman pembersih udara berikut bahkan kerap diuji dalam penelitian, contohnya sirih gading. Penelitian Fanni Riyantika Sari, dkk tahun 2016 bertajuk “Kemampuan Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) Sebagai Absorben Logam Berat Timbal (Pb) Di Udara”, menyebut daun sirih gading mampu menyerap kandungan timbal (Pb) dari asap kendaraan bermotor.

Tanaman pembersih udara seperti Sirih Gading juga bisa disimpan di dalam ruangan agar suasana bisa lebih sejuk dan segar.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Hilang Respect: Tidak Hormat dan Berhenti Peduli

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahkan merekomendasikan sirih gading sebagai satu diantara lima tanaman pembersih udara. Berikut ulasannya:

Rekomendasi Tanaman Pembersih Udara

1. Sirih Gading

Sirih Gading (Epipremnum aureum) adalah tanaman hias yang dapat digunakan sebagai penyerap emisi timbal (Pb) dari kendaraan bermotor.

Mengutip cimahikota.go.id, Sirih Gading termasuk tanaman rambat yang juga biasa dipakai sebagai penghias taman atau ruangan. Bagian dari Sirih Gading yang bisa membersihkan racun di udara adalah daunnya yang berbentuk hati.

Sirih gading tergolong salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh hingga 20 meter. Sirih gading mempunyai corak daun unik berwarna hijau-kuning atau kuning pucat.

2. Lidah Mertua

Masih mengutip laman resmi cimahikota.go.id, lidah mertua populer dengan nama sansevieria. Tanaman dengan daun kaku dan meruncing ke atas tersebut mampu membantu menyerap radiasi.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Topik Ngobrol dengan Orang Introvert, Coba Pertanyaan Filosofis

Tanaman lidah mertua bisa digunakan sebagai bahan aromaterapi ruangan, pagar semi permanen, hingga menyerap bahan beracun seperti benzena, trichloroethylene, dan formaldehida. Daun lidah mertua mempunyai corak khas seperti sisik ular dengan tepian berwarna kekuningan, meskipun ada pula yang hijau pekat.

3. Palem Bambu

Palem bambu memiliki nama ilmiah Chamaedorea seifrizii, dilansir dari ibadgarden.com. Tanaman yang biasa disebut sebagai tanaman dalam ruangan ini ternyata efektif menyerap polutan dan racun udara.

Tanaman pembersih udara satu ini direkomendasikan karena bisa hidup di bawah sinar matahari atau di dalam ruangan. Palem bambu bermanfaat untuk membersihkan udara dengan cara mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang dilepaskan manusia ketika bernafas.

4. Karet Kebo

Rekomendasi tanaman pembersih udara yang keempat adalah Karet Kebo. Ficus elastica (moraceae) atau yang dikenal pohon karet Kebo merupakan tanaman hijau yang cukup dikenal masyarakat.

Mengutip laman resmi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, tinggi tanaman Karet Kebo bisa mencapai 30 m. Daunnya memiliki panjang 7 sampai dengan 20 cm, dengan tepi halus dan ujung yang tumpul.

Daun Karet Kebo sepanjang 1 kaki dan berwarna hijau tua. Tanaman ini juga sering dikenal dengan “india-rubber tree”.

Baca Juga: 16 Penyebab Seseorang Hilang Respect, Kebaikannya Sering Dimanfaatkan

Karet kebo adalah salah satu flora yang berasal dari timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, Indonesia.

Selain sebagai penyejuk didalam ruangan, daun karet kebo juga bermanfaat untuk mengurangi polutan. Kemudian bermanfaat juga untuk membersihkan udara, menurunkan risiko alergi, membasmi bakteri dan jamur di udara, mengatasi ruam kulit, analgesik alami, menjaga kesehatan pencernaan, sumber antioksidan.

5. Dollar

Terakhir, rekomendasi tanaman pembersih udara untuk di dalam ruangan adalah Dollar. Tanaman Pohon Dollar adalah tanaman perdu yang sangat popular digunakan sebagai tanaman bonsai.

Tanaman Bonsai Dollar, merujuk laman Disperkimtan Palangkaraya, mampu tumbuh dengan baik bahkan di tanah dengan kandungan nutrisi yang kurang. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Pohon Dollar dapat hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari sehingga disebut sebagai salah satu tanaman indoor. Pohon Dollar mengandung Flavonoid dan polyphenol yang bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi menetralisir radikal bebas da.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)