DBA Launching Benih Padi Unggul, Inovasi untuk Pertanian Indonesia Lebih Produktif

Jumat 06 September 2024, 09:09 WIB
PT DBA (Doa Bangsa Agribisnis) gelar temu mitra toko pertanian dan launching benih padi unggul. (Sumber : Istimewa)

PT DBA (Doa Bangsa Agribisnis) gelar temu mitra toko pertanian dan launching benih padi unggul. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - PT DBA (Doa Bangsa Agrobisnis) melaksanakan Temu Mitra Toko Pertanian dan Launching Benih DBA yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yaitu pada sektor pupuk dengan PT Pupuk Kujang Anper PT Pupuk Indonesia, Sektor benih dengan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanhorti) Jawa Barat, dan pembiayaan pertanian Reliance Finance, Kamis (5/9/2024).

Peserta yang hadir dalam acara ini 30 mitra toko, Kepala BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanhorti Jabar, Wahid Syarifudin dan 12 Tim penilai varietas, PT Pupuk Kujang Alfianus Syukur beserta tim sales retail dan dari Reliance finance.

Direktur Utama PT DBA, Hikmat Taufik mengatakan, tujuan pertemuan ini tentunya untuk penguatan penjualan sektor pertanian baik benih serta pupuk untuk sektor retail wilayah Jabar III meliputi Sukabumi, Cianjur dan Bogor serta peluncuran benih padi Inbrida merk DBA untuk sebaran sektor free market.

Baca Juga: Perusahaan Binaan Ayep Zaki PT DBA Serahkan Saprotan ke Petani Sukabumi

Menurut Hikmat, dengan peluncuran benih padi DBA yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ketersediaan benih bermutu bagi para petani.

PT DBA juga terus melakukan inovasi salah satunya dengan mengangkat varietas lokal yang memiliki keunggulan produktivitas tinggi, tahan kondisi kering dan aromatik yang pertanamannya dilakukan tinjauan awal langsung oleh Kepala BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanhorti Jabar beserta tim yang dilaksanakan pada waktu bersamaan dengan acara tersebut.

“DBA terus berinovasi baik pada sektor benih maupun pupuk guna meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang berkelanjutan dan saling menguntungkan bersama mitra toko, tidak hanya ketersediaan pupuk tetapi pelepasan benih padi inbrida yang unggul serta adaptif menjadi target utama yang PT DBA siapkan bagi petani khususnya wilayah cianjur, sukabumi dan bogor," ujar Hikmat.

Sementara itu, Kepala BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanhorti Jabar, Wahid Syarifudin mengatakan, bisnis benih merupakan bisnis kepercayaan yang peluangnya masih sangat besar. Pihaknya berharap pemenuhan untuk wilayah selatan dapat direalisasikan oleh PT DBA.

"Dan saya yakin PT DBA bisa meraih peluang itu menjadi perusahaan yang maju dalam bidang perbenihan terutama padi,” kata Wahid.

Pendiri Doa Bangsa, Ayep Zaki memastikan Doa Bangsa akan terus bergerak dalam sektor pertanian guna meningkatkan kualitas pertanian Indonesia serta mewujudkan kesejahteraan petani tentunya didukung oleh Benih berkualitas dan pupuk berimbang.

"Maka pelepasan varietas benih padi unggul jadi keharusan guna mewujudkan itu semua tentunya didukung oleh semua stakeholder” ujar Ayep. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)