Selain Stok Berkurang, Harga MinyaKita di Sukabumi Diatas HET

Kamis 27 Juni 2024, 23:04 WIB
Produk Minyak Goreng MinyaKita di Pasar Parungkuda Sukabumi (Sumber : Foto: SU/Ibnu)

Produk Minyak Goreng MinyaKita di Pasar Parungkuda Sukabumi (Sumber : Foto: SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Stok MinyaKita di UPTD Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dikabarkan berkurang meskipun pemerintah belum resmi menaikkan harga eceran tertinggi (HET) minyak tersebut. Tak hanya itu, harganya pun sudah diatas HET.

"Stok Minyakita agak sedikit berkurang alias tidak banyak. Berdasarkan pantauan di lapangan, hanya ada beberapa pedagang yang menyediakan," ujar Petugas Pencatat Harga Sembako Dinas Perdagangan, Enjang Krismon kepada sukabumiupdate.com, Kamis (27/6/2024).

Kondisi itu, kata Enjang, membuat masyarakat lebih memilih minyak curah yang pasokannya sudah normal dibandingkan Minyakita.

"Karena stok minyak curah sudah normal, tidak seperti saat kelangkaan sebelumnya, banyak masyarakat lebih memilih minyak curah daripada Minyakita," jelasnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Harga Eceran MinyaKita Naik Jadi Rp15.500 Usai Idul Adha 2024

Enjang mengungkapkan bahwa harga eceran Minyakita meski belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait kenaikan HET, saat ini terpantau harga minyak tersebut di Pasar Parungkuda sudah diatas HET Rp14.000.

"Fakta di lapangan, harga ecer Minyakita dijual sekitar Rp 15-16 ribu per liter," ungkapnya.

Menurut Enjang, kenaikan harga ini disebabkan oleh distributor yang menaikkan harga, sehingga agen menjualnya lebih tinggi dari HET di pasar.

"Hasil pantauan dari pedagang di pasar, harga naik itu karena dari distributornya harganya segitu, dan dijual lagi oleh agen ke pasar lebih dari harga HET," jelasnya.

Namun, meskipun harga naik, masih ada beberapa pembeli tetap membeli Minyakita karena kebutuhan bahan pokok yang tidak bisa dihindari.

"Pembeli masih tetap seperti biasa karena untuk bahan pokok, meskipun naik masyarakat mau tidak mau tetap saja dibeli. Paling larinya lebih memilih minyak curah atau minyak kemasan lain dengan harga di bawah Minyakita," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berencana akan menaikkan harga eceran tertinggi minyak goreng rakyat yang disebut MinyaKita pada pekan ini dari Rp14.000 menjadi Rp 15.500 per liter.

Ia mengatakan, usulan ini akan disampaikan saat melakukan rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Kendati demikian, Zulhas tak menjelaskan detail mengenai angka kenaikannya. Dia hanya menyebut bahwa kenaikan itu sedang didiskusikan. “Sedang didiskusikan, mudah-mudahan minggu depan,” kata Zulhas akhir pekan lalu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih30 Juni 2024, 13:06 WIB

Bobby Maulana Dukung UMKM Tempe Sambil Olahraga dan Kulineran di Kampung Halaman Sukabumi

Aktor dan presenter ternama, Bobby Maulana, menunjukkan dukungannya terhadap UMKM tempe di kampung halamannya, Kota Sukabumi.
Bobby Maulana dan H. Ayep Zaki saat olahraga bareng di Lapang Merdeka Sukabumi, Minggu (30/6/2024). (Sumber : Istimewa)
Sehat30 Juni 2024, 13:00 WIB

Penderita Diabetes, Apa Arti Makan yang Benar Bagi Anda? Ini Kata Ahli Diet!

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, penghitungan karbohidrat sangat penting untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Sedikit berbeda dengan penderita diabetes tipe 2.
Ilustrasi. Penderita Diabetes, Apa Arti Makan yang Benar Bagi Anda? Ini Kata Ahli Diet! (Sumber : Pexels/FurkanTumer)
Arena30 Juni 2024, 12:50 WIB

PS Danurwenda Cijangkar Sukabumi Raih Prestasi Membanggakan di Ajang Wali Kota Bogor Cup

Kontingen PS Danurwenda Putra Yamaji, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung Sukabumi, berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam kejuaraan pasanggiri seni ibing pencak silat Wali Kota Bogor Cup.
Kontingen Pencak Silat Danurwenda Putra Yamaji, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi di ajang Wali Kota Bogor Cup ke-3. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel30 Juni 2024, 12:30 WIB

5 Contoh Menu Diet Sehat untuk Penderita Asam Urat, Simak Resep Membuatnya

Contoh menu diet aman dan sehat untuk penderita asam urat rendah purin lengkap beserta resep mudah cara membuatnya
Ilustrasi. Menu diet untuk penderita asam urat. Pexels.com/@KyleRoxas
Sukabumi30 Juni 2024, 12:19 WIB

Pipa Bocor, Daftar Wilayah Terdampak Layanan Air Perumdam TJM Cisolok Sukabumi

Berikut daftar wilayah terdampak pipa bocor di Cisolok yang tengah diperbaiki Perumdam TJM Sukabumi, Minggu 30 Juni 2024.
(Foto Ilustrasi) Perumdam TJM Cabang Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menyampaikan informasi gangguan pelayanan air. | Foto: Istimewa
Life30 Juni 2024, 12:00 WIB

Ingin Lebih Percaya Diri? Tinggalkan 6 Ungkapan yang Bikin Kepercayaan Diri Hilang

Berikut adalah ungkapan yang wajib ditinggalkan apabila ingin jalani hidup lebih percaya diri dan meraih kesuksesan.
Ilustrasi. Orang percaya diri. Pexels.com/@AndreaPiacquadio
Life30 Juni 2024, 11:46 WIB

20 Sikap dan Perilaku Ini Dilarang Karena Pamali, Mitos atau Fakta?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar beberapa tindakan atau sikap yang dilarang untuk dilakukan pada waktu tertentu
20 Pamali atau pantrangan agar tidak dilakukan oleh masyarakat | Foto : Pixabay
Sukabumi30 Juni 2024, 11:28 WIB

Tak Miliki Paspor, Berikut Identitas 28 WNA yang Diamankan di Pantai Tegalbuleud Sukabumi

Berikut identitas 28 WNA yang ditangkap petugas gabungan Polisi dan TNI di Pantai Tegalbuleud Sukabumi.
Para WNA di Mapolsek Tegalbuleud. Mereka diduga imigran gelap yang kapalnya bersandar di Pantai Keusik Urug, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024). | Foto: Istimewa
Arena30 Juni 2024, 11:22 WIB

Menanti Laga Sang Legenda Tinju Dunia Mike Tyson "Malik Abdul Aziz"

Michael Gerard Tyson, yang lebih dikenal sebagai Mike Tyson, lahir pada 30 Juni 1966, adalah seorang mantan juara dunia dan petinju profesional asal Amerika Serikat.
Duel Mike Tyson dan Jake Paul di bulan november 2024 | Foto : Ist
Life30 Juni 2024, 11:00 WIB

Suka Belajar, 12 Kebiasaan Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Kebiasaan Unik Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa: Orang yang cerdas sering belajar dari berbagai sumber seperti buku, artikel ilmiah, podcast, dan kursus online.
Ilustrasi. Suka Belajar, Intip Kebiasaan Unik Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa (Sumber : Freepik/wavebreakmedia_micro)