Apa Itu Bahan Polyester? Ini Dia Berbagai Keunggulannya

Senin 27 Mei 2024, 14:31 WIB
Bahan Polyester | Foto : Freepik

Bahan Polyester | Foto : Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beragam jenis kain yang digunakan sebagai bahan baku pakaian. Salah satu yang cukup populer adalah bahan polyester.

Meski banyak diaplikasikan dalam berbagai rupa pakaian, tak banyak yang tahu seluk beluk dari jenis kain ini. Agar makin paham, simak penjelasan apa itu bahan polyester berikut!

Mengenali Apa Itu Bahan Polyester

Bahan Polyester | Foto : FreepikBahan Polyester | Foto : Freepik

Polyester merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk kebutuhan busana, desain interior khusus, hingga kebutuhan sejenisnya. Ada anggapan bahwa bahan polyester termasuk bahan yang kurang baik, karena serat dan kainnya dibuat langsung oleh manusia.

Berbeda dengan sutra atau wol yang terbuat dari benang ulat sutra dan bulu domba, polyester dibuat oleh tangan manusia. Dari awal pembuatan hingga packing dan distribusi, semuanya dikerjakan dengan teknologi dan inovasi yang manusia buat.

Baca Juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan Kain Shimmer Silk, Kenali Sebelum Memakainya!

Dengan kata lain, polyester adalah kain yang dibuat dari benang atau serat polyester. Proses pembuatannya menggunakan senyawa kimia yang dicampurkan dengan Polyethylene Terephthalate atau PET. Perpaduan antara bahan-bahan tersebut akan menghasilkan jenis kain berbahan sejenis plastik yang aman digunakan oleh manusia.

Karakteristik Bahan Polyester

Bahan Polyester | Foto : FreepikBahan Polyester | Foto : Freepik

Setelah mengetahui apa itu bahan polyester, kini saatnya mengetahui apa saja karakteristik atau ciri dari kain ini. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kain polyester yang tepat sesuai kebutuhan pemakaiannya.

Lebih Awet

Karena dibuat menggunakan bahan kimia, kain polyester terkenal karena awet dan tahan lama. Polyester tahan dengan beragam jenis bahan kimia yang diteteskan diatasnya, khususnya acid yang bisa merusak serat kain.

Bisa Digunakan untuk Apa Saja

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, polyester dapat dikategorikan sebagai kain yang multifungsi. Selain bisa digunakan untuk berbagai macam jenis pakaian, polyester juga bisa digunakan untuk bahan pembuat cairan sofa hingga desain interior.

Tidak Gampang Kusut

Banyak orang lebih tertarik menggunakan polyester sebagai jenis kain untuk pakaian adalah karena seratnya yang tak mudah kusut. Bukan itu saja, kain ini juga tak gampang meregang dan bolong, sehingga pemakaian hasil karya kain ini jauh lebih tahan lama.

Cenderung Ringan Saat Digunakan

Mengetahui apa itu bahan polyester tak akan lengkap tanpa tahu fakta bahwa kain ini sebenarnya sangat ringan. Dengan kata lain, polyester bisa digunakan untuk membuat berbagai rupa jenis pakaian, dari kemeja hingga celana.

Mudah Dicampurkan Warnanya

Karakteristik lain yang kain ini punya adalah kemudahannya saat dicampurkan dengan pewarna. Bahkan sering ditemukan desain model baju berbahan polyester yang tampak menarik dan beda dari yang lain. Penambahan warna di kain polyester tak hanya bernilai estetika, tapi juga sebagai bentuk variasi.

Kelebihan yang Dimiliki Bahan Polyester

Dibandingkan dengan jenis kain yang lain, polyester memiliki lebih banyak keunggulan. Bahkan dibandingkan dengan wol atau katun yang notabene kain berbahan alami, polyester jauh lebih unggul.

Kelebihan bahan Polyester | Foto : FreepikKelebihan bahan Polyester | Foto : Freepik

Serat dan Bahan Kain yang Awet

Serat dari kain polyester merupakan serat kain yang kuat dan terbilang kokoh. Bahkan umur kain polyester jauh lama dibandingkan dengan kain lain berbahan alami. Satu potong pakaian berbahan polyester bisa Anda gunakan hingga bertahun-tahun.

Anti Bakteri

Kelebihan lain yang kain ini miliki adalah kemungkinannya terkena kuman dan bakteri jauh lebih kecil dibandingkan kain berbahan alami. Senyawa kimia yang ada di dalam kain tersebut akan membuat pemakainya tak mengalami gatal-gatal atau iritasi ketika digunakan.

Lebih Tahan Air

Dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya, polyester jauh lebih cepat kering dan tahan air. Ketika pakaian berbahan polyester dicuci, waktu durasi keringnya lebih pendek dibandingkan pakaian berbahan wol maupun sutra.

Lewat berbagai keunggulannya tersebut, maka tak heran jika polyester digunakan untuk berbagai bahan baku tekstil. Pakaian yang dibuat dengan polyester juga lebih ekonomis, sehingga bisa digunakan siapa saja dan ditemukan dimana saja.

Anda yang tertarik menggunakan bahan polyester sebagai bahan baku busana, bisa menggunakan jasa desain model baju di tautan ini. Dengan penambahan corak, tampilan kain polyester jadi lebih mewah. Anda pun bisa membuatnya makin menarik dengan membuat desain pakaian yang modis dan kekinian.

Semoga informasi mengenai apa itu bahan polyester bisa membantu pembaca. Terutama mereka yang ingin belajar lebih dalam terkait berbagai jenis bahan kain untuk pakaian.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)