Pantai Legon Waru, Secret Island di Cisolok Sukabumi

Sabtu 04 Januari 2020, 01:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pesona objek wisata pantai di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ternyata masih menyimpan potensi yang belum di ketahui banyak orang. Salah satunya adalah Pantai Legon Waru.

Pantai Legon Waru biasa disebut Secret Island oleh warga setempat. Suasananya seperti atau pulau tersembunyi di wilayah Kecamatan Cisolok. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Cikembang. Di Pantai Legon Waru, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan pasir dan kerikil serta batu karang.

BACA JUGA: Dimana Tempat Aman Berwisata di Pantai Sukabumi? Ini Saran Balawista

Informasi yang dihimpun, Pantai Legon Waru ini menurut warga sekitar memiliki luas kurang lebih tiga kilometer, dan selalu dipenuhi para pemancing, baik lokal maupun luar daerah.

"Di sini banyak spot mancing. Ada juga goa yang kerap dijadikan lokasi foto selfie latar tebing karang curam dan eksotis. Pun sebaliknya, bisa berfoto selfie di atas batu karang dengan pemandangan hamparan laut yang biru," ujar salah seorang pengunjung di Pantai Legon Waru, Sandi (39 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (3/1/2020).

Suasana Pantai Legon waru, Kampung Cikembang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Nandi

Bukan hanya menarik pemancing, hamparan batu kerikil yang luas ditambah pohon-pohon ketapang di pinggir pantai yang rindang tidak jarang digunakan rombongan keluarga untuk tempat makan bersama.

"Para pengunjung yang berenang di pinggir pantai juga aman. Terus bersih dari sampah karena memang jarang yang ke sini. Ada goa sangat eksotis, keren banget. Kalau ke sini kita seolah merasa punya pantai sendiri, karena tempatnya memang masih sepi, jauh dari bangunan dan pedagang," lanjut Sandi.

BACA JUGA: Wisatawan Pantai Palabuhanratu Sukabumi Menurun, Balawista Ungkap Penyebabnya

Untuk bisa ke Pantai Legon Waru, dari pusat kota Palabuhanratu berjarak kurang lebih 13 kilometer atau butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk sampai ke lokasi. Di perjalanan, kita akan melewati beberapa pantai yang memang sudah terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan seperti Pantai Citepus, Cimaja, Karanghawu, Cisolok dan Cibangban.

"Dari Pantai Cibangban tinggal naik menuju Pantai Cikembang. Kendaraan bisa diparkir di Pantai Cikembang, lalu untuk sampai ke Legon Waru bisa berjalan kaki melewati hamparan pantai yang sebagian besar berbatu kerikil. Di sini masih bersih, sejuk banyak pohon rindang. Cocok juga untuk tempat camping. Meski uaca panas tapi nyaman, adem dan sejuk," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)