Wisata Kebun Jeruk di Sukalarang Sukabumi: Segar, Bisa Petik Sendiri

Jumat 21 Desember 2018, 07:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anda warga Sukabumi yang hobi menyantap buah-buahan terutama jeruk. Tahukah anda bahwa terdapat tempat wisata kebun jeruk untuk menikmati segarnya jeruk khas Sukabumi. Selain itu, anda juga bisa memetiknya langsung dari pohon dan membawanya pulang.

Wisata Kebun Jeruk ini mulai dibuka pada Agustus tahun 2017 lalu, terletak sekira 20 kilometer dari pusat Kota Sukabumi. Tepatnya di Desa Cipamingkis, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari pusat Kota Sukabumi ke arah Cianjur.

Pengelola Wisata Kebun Jeruk, Ade Warsa (46 tahun) mengatakan, awalnya tak ada niatan untuk menjadikan kebun jeruk milik keluarganya tersebut menjadi tempat wisata. Namun, atas saran dari rekannya yang membawa tamu dari luar Kota Sukabumi, kebun tersebut menjadi tempat wisata bagi masyarakat yang ingin mengenal tentang jeruk, khususnya khas Sukabumi.

Wisata Kebun Jeruk di Desa Cipamingkis, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Nandi).

"Dari temen saya awalnya dikasih tahu ke temen-temennya yang lain, sekarang alhamdulillah jadi ramai," kata Ade kepada sukabumiupdate.com, Minggu (16/12/28).

Ade menjelaskan, adapun konsep tempat wisata kebun jeruk ini adalah agrowisata. Menurutnya, selain hiburan, tempat wisata ini memiliki tujuan edukasi tentang jeruk kepada masyarakat.

Kata Ade, jeruk Sukabumi terbilang unik. Bisa dipanen setiap waktu, tidak mengenal musim. Rasanya segar, lebih dominan manis dibanding rasa asamnya.

"Terkadang, banyak yang suka sama buah jeruk tapi gak tahu jeruknya berasal dari mana atau ditanam dari mana. Padahal dari kebun kita juga sering memasok untuk pasar di Sukabumi dan beberapa daerah di luar Sukabumi," tuturnya.

BACA JUGA: Kedai Kopi Strategis Pilihan Turis di Palabuhanratu, Ini Tempatnya!

Ade mengatakan, di kawasan wisata Kebun Jeruk seluas 1,2 hektare ini, pengunjung akan dibekali ilmu menanam jeruk yang benar. Juga diberikan pemahaman bagaimana cara menentukan jeruk yang sudah matang atau belum.

"Jadi kita bisa belajar untuk tidak akan salah pilih lagi menentukan jeruk mana yang memiliki kualitas baik dan laik dikonsumsi," katanya.

Ade mengaku puluhan hingga ratusan wisatawan dari berbagai daerah datang ke tempat wisatanya. Namun, kebun jeruk miliknya hanya dapat dikunjungi oleh masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu saja.

"Kalo hari kerja kita fokus buat urusan penjualan ke pasar-pasar," ungkapnya.

BACA JUGA: Wisata Mapay Sawah Jaman Now di Cireunghas Sukabumi, Bikin Betah

Ade hanya mematok biaya sebesar Rp 10 ribu per orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Beberapa pengunjung mengaku puas berkunjung di kebun Jeruk ini. Selain mendapatkan jeruk, para pengunjung juga bisa menikmati suasana kebun serta ada yang menjadikannya sebagai tempat piknik bersama rekan, keluarga, atau rombongan dari sekolahan.

"Ya saya sih bersyukur pada akhirnya tempat ini bisa bermanfaat buat banyak orang juga," tandasnya.

Vina (27 tahun), salah seorang pengunjung dari Kota Sukabumi mengungkapkan rasa senangnya berkunjung ke tempat wisata Kebun Jeruk tersebut, Vina tak datang sendirian, Ia  turut mengajak keluarganya untuk piknik di kebun jeruk ini.

"Suka tempatnya, udaranya bagus. Dan kebetulan se-keluarga memang suka sama buah jeruk sih," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik