Light Dark

Kuburan Pria-pria Raksasaa Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Cina

Tekno | 11 Jul 2017, 10:33 WIB

Kuburan Pria-pria Raksasaa Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Cina

Tekno | 11 Jul 2017, 10:33 WIB
Arkeolog di China telah membuat penemuan aneh saat menggali sebuah situs di desa Jiajia. | disclose.tv

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kuburan para pria raksasa berusia 5.000 tahun telah ditemukan oleh para arkeolog di Cina timur. Para pria itu, yang tulang belulangnya ditemukan di Desa Jiaojia dekat Kota Jinan, Provinsi Shandong, memiliki ukuran menjulang dibandingkan banyak rekan mereka.

Banyak pria yang ditemukan di kuburan memiliki tinggi 1,8 meter (5 kaki 11inci) dan terlihat seperti raksasa untuk rata-rata orang 5.000 tahun yang lalu. Salah satu pria yang terkubur di pemakaman kuno itu memiliki tinggi 1,9 meter (6 kaki 3inci), yang membuatnya menjadi "raksasa" dari zamannya.

"Ini hanya didasarkan pada struktur tulang. Jika ia adalah orang yang hidup tinggi badannya pasti akan melebihi 1,9 meter,” ujar Fang Hui, Kepala Fakultas Sejarah dan Budaya Shandong University, kepada China Daily.

Para arkeolog mengatakan makam besar itu mengindikasikan bahwa mereka kemungkinan individu yang dinilai berstatus kuat dan tinggi serta memiliki akses ke makanan yang lebih baik daripada rata-rata orang.

Tapi apa yang membuat mereka begitu tinggi? "Pertanian pada saat itu, orang-orang memiliki berbagai sumber makanan yang kaya dan beragam sehingga fisik mereka berubah," ujar Fang Hui.

Saat ini, orang berusia 18 tahun yang tinggal di wilayah ini memiliki tinggi rata-rata 1,753 meter (5 kaki 9inci), atau lebih tinggi dari rata-rata nasional 1,72 meter (5 kaki 8inci).

Para arkeolog telah menemukan sejumlah artefak di lokasi itu dari Budaya Longshan, yang terkenal karena tembikar hitam kulit telur dari periode Neolitik.

China Daily melaporkan para arkeolog mulai menggali reruntuhan 104 rumah, 205 kuburan dan 20 lubang di desa itu tahun lalu.

Sumber: Tempo

Sumber : disclose.tv

Image

Admin SUpdate

Redaktur