Light Dark

Dipicu Sesar Aktif, BMKG Sebut Gempa di Gunung Gede Pangrango Belum Terpetakan

Science | 11 Jan 2021, 21:24 WIB

Dipicu Sesar Aktif, BMKG Sebut Gempa di Gunung Gede Pangrango Belum Terpetakan

Science | 11 Jan 2021, 21:24 WIB
Kordinat rentetan tiga gempa yang terjadi di Gunung Gede Pangrango, Senin petang 11 Januari 2021 | Google Maps

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait gempa yang dirasakan warga kaki gunung Gede Pangrango khususnya di Sukabumi Jawa Barat. BMKG menyebut gempa tersebut dipicu sesar aktif, dangkal dan belum terpetakan.

Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan gempa yang mengguncang wilayah Sukabumi, Cianjur, dan sekitarnya merupakan gempa tektonik. BMKG mencatat Senin 11 Januari 2021 pukul 19.35.05 WIB  telat terjadi gempa dengan magnitudo 3,3, episenter terletak pada koordinat 6,78 LS  - 106,97 BT tepatnya di darat pada jarak 16 kilometer arah timurlaut Sukabumi Jawa Barat dengan kedalam 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa sukabumi, Cianjur dan sekitarnya ini merupakan jenis gempa dangkal dipicu aktivitas sesar aktif yang diduga terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango," jelas Daryono dalam keterangan yang diterima sukabumiupdate, Senin malam. 

Menurut Daryono, gempa ini dirasakan  di Kadudampit, Cipanas, Cibodas, Cianjur, Sukabumi, dan Sukalarang dengan skala intensitas III MMI. "Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai dampak gempa tersebut," ungkapnya. 

"Hingga malam hari ini pukul 20.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock)," sambung Daryono.

Terakhir ia juga menegaskan sesar aktif pemicu gempa ini belum terpetakan oleh BMKG. 

BACA JUGA: Rentetan Gempa Timur Laut Kota Sukabumi Senin Petang, Pusatnya di Gede Pangrango

Seperti diberitakan sebelumnya, grup medsos info gempa dunia, merilis data rentetan tiga gempa yang terjadi Senin petang di kawasan Gunung Gede Pangrango, wilayah Sukabumi dan Cianjur.

-Gempa pertama, Magnitudo 2.4, pukul 18:51:31 WIB, lokasi 6.82 LS - 106.92 BT (10 km BaratLaut Kota Sukabumi Jabar dengan kedalaman 5 kilometer. Koordinat gempa dari aplikasi google maps berada di kawasan hutan rimba taman nasional Gunung Gede Pangrango, yang masuk wilayah Cikahuripan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

-Gempa kedua, Magnitudo 2.2, pukul 19:07:01 WIB, lokasi:6.80 LS - 107.00 BT (15 km BaratLaut Kabupaten Cianjur Jabar dengan kedalam 10 kilometer. Kordinatnya berada tak jauh dari kawah gunung gede yang masuk wilayah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

-Gempa ketiga, Magnitudo 3.3, pukul 19:35:07 WIB, lokasi 6.81 LS  - 106.96 BT (12 Km TimurLaut Kota Sukabumi Jabar. Koordinat pusat gempa berada di kaki Gunung Gede Pangrango wilayah Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

 

Image

Fit NW

Redaktur