6 Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Black Box Pesawat Terbang

Minggu 10 Januari 2021, 14:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia penerbangan Indonesia kembali dirundung kabar duka, Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jenis Boeing 737-500 mengalami kecelakaan udara lalu jatuh dan tenggelam di perairan Utara Jakarta pada Sabtu, 9 Januari 2021. Sebelumnya pesawat tersebut mengalami hilang kontak sampai akhirnya para petugas menemukan sejumlah puing-puing pesawat berkat bantuan sinyal Black Box yang mengirim titik lokasi transportasi udara tersebut jatuh. 

Melansir dari tempo.co, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerangkan, para petugas gabungan sudah menemukan lokasi yang diindikasikan kuat sebagai titik keberadaan black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box terpantau dan sudah kita beri tanda," terang Hadi di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, (10/1/2021).

Lanjutnya, black box akan diangkat segera mungkin. Jika sudah berhasil ditemukan, black box akan diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"KNKT akan menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut dari data yang disimpan Black Box," ujar Hadi.

Dikutip dari Deutsche Welle, Black Box merupakan sebuah alat perekam data dan rekaman suara perbincangan pilot dan co-pilot di dalam kokpit yang bisa membantu mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Black Box terdiri dari dua bagian, yakni flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR).

Berikut 6 hal yang perlu anda ketahui tentang Black Box pesawat terbang:

1. Terdiri dari Dua Alat Perekam

Black Box sebetulnya terdiri dari dua alat perekam, yaitu bagian FDR yang isinya data kecepatan, arah, dan ketinggian dari pesawat. Lalu bagian CVR berfungsi merekam perbincangan antara pilot dan co-pilot dengan pengawas bandara atau bisa juga merekam suara lain dalam kokpit.

2. Kenapa Berwarna Orange dan Tidak Hitam?

Tujuannya untuk mudah terlihat dari jauh agar bisa ditemukan dengan mudah.

3. Memiliki Bahan Yang Sangat Kuat

Black Box dibuat secanggih mungkin agar tetap mampu menahan segala jenis bantingan, tekanan air hingga kedalaman 6.000 meter serta dapat menahan suhu panas hingga diatas 1.000 derajat celcius selama selama 30 menit.

4. Letaknya Berada di Tengah atau Belakang Pesawat

Tujuannya tentu disesuaikan dengan bagian pesawat yang tidak mudah rusak. Tapi, tiap penempatannya berbeda-beda tergantung konstruksi pesawat. Lazimnya disimpan di bagian tengah atau bagian belakang pesawat dekat dengan roda.

5. Mampu Bertahan Hingga 30 Hari

Black Box akan mengirimkan sebuah sinyal agar siapapun yang mencari dapat dengan mudah menemukan lokasi keberadaan Black Box tersebut. Biasanya, jika Black Box tenggelam di air, sinyalnya akan dapat bertahan hingga 30 hari setelah pesawat tersebut mengalami crash atau kecelakaan. Namun, para ahli memperkirakan, baterai yang ada di dalam Black Box akan mulai mengurang kapasitasnya di hari ke-6 hingga ke-10. Namun di beberapa kasus kecelakaan pesawat terbang yang pernah terjadi, Black Box justru baru ditemukan setelah beberapa bulan bahkan tahun kemudian setelah terjadinya kecelakaan.

6. Cara Mencarinya Menggunakan Detektor Sonar

Tim pencari menggunakan sebuah alat seperti mikrofon bawah air atau detektor sonar yang sebetulnya teknologi ini secara alamiah dimiliki oleh seekor lumba-lumba.

 

Sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)