4 Manfaat Belajar SEO, Bikin Artikel Kamu Banyak Pembaca

Selasa 19 Januari 2021, 12:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Buat kamu yang sedang menjadi content writer atau blogger di sebuah website, apakah artikel yang kamu buat sedikit jumlah pembacanya? Mungkin kamu perlu belajar SEO deh. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk mengembangkan situs yang kamu kelola, atau dalam kata sederhananya adalah bagaimana caranya menjadikan artikel kamu muncul di mesin pencarian seperti Google. Jadi dengan belajar SEO kamu bisa mendapatkan banyak pembaca loh!

Perlu kamu ketahui, membuat sebuah tulisan atau artikel di website itu engga bisa asal-asalan, karena akan berpengaruh terhadap keterlihatan atau visibilitas sebuah website di mesin pencari atau search engine seperti Google.

Apa sih SEO itu?

SEO adalah sebuah cara dan upaya untuk mengoptimalkan sebuah website yang kita kelola agar nantinya mudah dicari melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Salah satu parameter atau ukuran dari sebuah website yang sudah mudah dicari adalah, website kita berada di peringkat teratas atau halaman pertama mesin pencari saat pengguna mengetikkan sebuah kata kunci atau keyword.

Manfaat Belajar SEO

1. Mendatangkan Traffic

Jika kamu menerapkan penggunaan SEO dengan tepat, maka situs yang kamu kelola lebih berpotensi untuk berada di halaman pertama atau peringkat pertama indeks mesin pencari.

Customer atau konsumen akan menggunakan mesin pencari untuk mencari berbagai produk melalui situs yang mereka inginkan sesuai kebutuhan masing-masing. Mereka akan mengetikan kata kunci atau keyword di mesin pencari tersebut, misalnya "Harga Sepatu merk A".

2. Produk atau Situs Lebih Terkenal

Ingatlah selalu prinsip ini, "Tidak ada orang yang tiba-tiba datang ke situ kamu". Pengguna internet mempunyai kecenderungan untuk mencari apa yang mereka inginkan lewat mesin pencari. Dalam mencari, mereka akan menggunakan kata kunci atau keyword yang mereka inginkan.

3. Menjadi Rujukan

Jika ada pelanggan atau konsumen yang sudah kepincut hatinya dengan selalu berlangganan mengunjungi website atau produk yang kamu punya, maka kemungkinan dengan peluang yang besar situs kamu bisa menjadi bahan rujukan oleh orang lain.

Misalnya, jika kamu ingin mencari produk A tinggal cari aja di website B, kalau kamu ingin mencari info tentang C, cari aja di website D, begitu kira-kira.

4. Mendapatkan Keuntungan

Jika semakin banyak orang yang berkunjung ke situs kamu, maka bisa meningkatkan penjualan produk yang kamu miliki. Atau, kamu juga bisa memonetisasi website kamu agar iklan-iklan digital masuk dan muncul di website yang kamu kelola. Ketika website kamu mempunyai jumlah pengunjung atau visitor yang banyak, otomatis akan banyak juga orang-orang yang melihat iklan atau bahkan mengklik iklan digital tersebut.

Semakin banyak orang yang melihat iklan dan mengklik iklan, semakin meningkat juga penghasilan kamu dari monetisasi website yang sudah diterapkan di website.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)