Light Dark

4 Penyebab Internet Komputer Lemot

Komputer | 10 Jan 2021, 18:41 WIB

4 Penyebab Internet Komputer Lemot

Komputer | 10 Jan 2021, 18:41 WIB
Ilustrasi orang kesel ketika internet lemot. | geeks2you.com

SUKABUMIUPDATE.com - Internet Komputer Lemot itu bikin ilfil banget iya gak? Dampaknya bisa mengganggu pekerjaan kamu saat harus berseLANcar di Internet atau saat kamu bermain game online. 

Tenang Updaters! Kali ini kami akan memberi tahu kenapa sih Internet Komputer kamu Lemot banget, berikut 4 penyebab Internet Komputer Lemot yang wajib kamu ketahui:

1. Paket Internet Unlimited Ada Limitnya Loh!

Ini sedikit fakta yang bikin jleb sih, kamu harus mengetahui bahwa tidak ada sebenarnya paket internet unlimited yang memiliki kecepatan stabil dan konstan. Semua penyedia layanan jasa internet pasti bakal menetapkan aturan tentang Fair Use Policy atau FUP yang artinya adalah ada sebuah kebijakan pemakaian internet secara wajar.

Katakanlah paket internet untuk 30 hari atau 1 buLAN itu memang dapat diakses oleh kamu, namun ada faktor lain yang kerap kali dilupakan para pengguna layanan jasa internet yakni fakta bahwa semua itu kecepatannya dibatasi.

Setiap provider memiliki kuotanya masing-masing dalam menerapkan FUP ini, maka dari itu saran kami adalah silahkan cek kembali penawaran paket internet yang disediakan para layanan jasa internet itu, berapa jumlah maksimal FUP nya. Tapi kamu juga harus mengkalkulasikan harga dan juga jumlah FUP yang ada. Jangan sampai bayar mahal-mahal dengan imin-iming layanan internet unlimited, eh setelah pemakaian beberapa hari atau minggu kok terasa lemot, nah jawabannya kamu sudah tahu kan karena apa? Ya FUP!

2. Berapa Kecepatan Bandwith Internet Kamu?

Sama seperti masalah FUP tadi, para penyedia layanan jasa internet juga menerapkan jumlah kecepatan Bandwith yang berbeda-beda sesuai dengan harga paket yang mereka tawarkan.  

Bagi yang belum tahu Bandwith itu apa, ini adalah tentang jumlah data yang ditransfer dari satu titik ke titik lainnya melalui jaringan internet selama periode waktu tertentu, biasanya dituliskan dalam satuan Mbps atau Megabyte per Second (jumlah data arus masuk dan keluar per detiknya).

Jadi saran kami adalah, silahkan cek kembali jumlah bandwith internet yang ditawarkan penyedia layanan jasa internet melalui paket-paket nya itu.

3. Wifi atau Kabel LAN/Ethernet?

Dua perangkat ini kerap kali menjadi perdebatan dikarenakan sebetulnya sejumlah kasus yang ada terkait permasalahan internet yang berkaitan dengan keduanya tidak bisa digeneralisasikan atau disamakan.

Secara inovasi teknologi, Wifi itu jauh lebih canggih dan unggul kecepatannya dibandingkan dengan kabel Ethernet. Tahukah kamu, standar Wifi yang terbaru saat ini adalah di angka 3200 Mbps, cukup kencang kan?

Tapi tunggu kok kenapa Wifi kamu lemot? Terus ada orang lain yang tiba-tiba bilang ke kamu, mending pake kabel LAN atau Ethernet aja biar gak lemot, karena kalau pake kabel itu jaringannya langsung ke router atau access point.

FYI, teknologi kabel Ethernet yang terbaru itu hanya mampu mencapai kecepatan 100 - 1000 Mbps saja, jadi secara inovasi kecepatan sudah ketinggalan dengan Wifi. Nah pertanyaannya sekarang mengapa Wifi lemot?

Sejak teknologi Wifi ini muncul, permasalahannya masih sama, Wifi bermusuhan banget sama tembok atau sebuah penghalang yang menghalangi arus internet lewat udara, kasus lain adalah kekuatan sinyal yang kadang naik turun disebabkan oleh strategis tidaknya tempat kita memasang Wifi itu untuk mendapatkan sinyal internet.

Untuk berbicara masalah kestabilan, memang kabel Ethernet masih juaranya, kecuali jenis saluran internet bakal keok ketika dari si penyedia layanan jasa internet nya mengumumkan sedang mengalami maintenance jaringan atau sedang melakukan servis kabel fiber optic yang rusak.

Jadi apakah kamu pilih Wifi atau Kabel LAN/Ethernet? Silahkan kamu pilih sesuai kebutuhan internet kamu dan kondisi lingkungan kamu ketika menggunakan layanan internet juga.

4. Spek Komputer atau Laptop Kamu Rendah

Yup! Ini bisa jadi penyebab utamanya juga, misalkan ketika kamu cek jumlah FUP internet kamu ternyata gede banget, terus kamu cek kecepatan bandwith internetnya ternyata cepet juga, terus kamu menggunakan kolaborasi antara Wifi dan kabel LAN/Ethernet, tapi kalau kamu masih pake komputer generasi 10 tahun ke belakang ya sama aja bohong!

Upgrade Hardware dan Software komputer atau Laptop kamu ya, perhatikan jenis Processor yang kamu gunakan, RAM, Harddisk (sekarang teknologi SSD bahkan lebih cepat, red), VGA dan lainnya.

Demikian 4 penyebab kenapa internet komputer kamu lemot banget. Dari keempat hal ini, mungkin saja ternyata masih ada penyebab lainnya yang menyebabkan internet kamu jadi lemot. Seiring berjalannya waktu, tentu kemajuan teknologi menuntut kamu untuk melakukan adaptasi dalam pembaruan Hardware dan Software yang kamu gunakan ya.

Image

Gumilang

Redaktur