Dibalik Julukan The Godfather of Honorer untuk Adjo Sadjono

Senin 19 Oktober 2020, 23:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kalangan guru honorer di wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi menjuluki Calon Bupati nomor urut 1 Adjo Sardjono dengan julukan The Godfather of Honorer.

Julukan ini muncul saat Adjo Sardjono diundang bersilaturahmi oleh sejumlah tokoh Pajampangan dan para guru honorer di salah satu lembaga pendidikan di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (17/10/2020).

BACA JUGA: Adjo: Ayam Pelung Sukabumi Tak Kalah Unggul dari Cianjur

Gelar The Godfather of Honorer yang disematkan dari para guru honorer untuk Adjo Sardjono tersebut bukan tanpa dalih kuat atau prinsip asal bapak bahagia. Namun, penyematan julukan itu merupakan bentuk apresiasi para honorer terhadap perhatian, pengakuan, penghargaan dan perjuangan Adjo Sardjono terhadap keberadaan para tenaga honorer di Kabupaten Sukabumi.

Seperti halnya di tempat lain, dalam kesempatan itu Adjo Sardjono selalu terbuka untuk berdialog dengan para tokoh Pajampangan. Hampir semua persoalan dikupas termasuk masalah keberadaan tenaga honorer.

BACA JUGA: Warga Terdampak Double Track di Cibadak Ngeluh ke Adjo

"Janji menaikkan kesejahteraan honorer sama dengan UMR, diangkat otomatis untuk honorer katagori dua, sampai saat ini tidak ada realisasi. Belum lagi yang sudah lulus P3K tapi belum diangkat jadi ASN dengan dibebankan ke daerah,"demikian dikeluhkan Mira Megawati (43 tahun), guru tenaga honorer SDN Situhiyang 2 Jampang Kulon ke Adjo Sardjono.

Dengan senyum lepas dibarengi roman bersahabat, Adjo Sardjono menjawab pertanyaan cukup menohok dari Mira Megawati tersebut. Menurut Adjo Sardjono, sejak resmi dilantik jadi wakil bupati, semua keluhan warga yang sampai kepada dirinya sudah disampaikan langsung kepada bupati.

BACA JUGA: Bertemu Buruh, Adjo Sardjono Pegang Tiga Komitmen untuk Pekerja Sukabumi

"Saya punya atasan, maka sesuai undang-undang, posisi saya tugas fungsi pokoknya hanya sebagai pembantu bupati. Jadi wakil bupati tidak memiliki kebijakan seperti halnya bupati. Tetapi setiap keluhan usulan apapun selalu saya tampung untuk selanjutnya saya sampaikan ke atasan saya. Soal didengar atau tidak, ya itu gimana kebijakan atasan saja," bebernya.

Menurutnya lagi, dengan posisinya yang hanya sebagai pembantu bupati, maka setiap keluhan yang diterimanya tidak bisa langsung ditanggapi di lapangan sesuai harapan."Saya tidak terbiasa dan tidak mau membiasakan parasea (bertengkar). Saya hanya akan membiasakan berpikir, bekerja dan berbuat untuk kemaslahatan masyarakat saja sesuai tupoksinya,"terangnya.

BACA JUGA: Puluhan Advokat Unggul Siap Amankan Suara Adjo-Iman di Pilkada Sukabumi

Dalam pandangan Adjo Sardjono, kendati anggaran keuangan pemda terbatas ditambah aturan dari pemerintah pusat akan tenaga honorer. Namun baginya honorer bukan beban negara, melainkan pahlawan. Pahlawan tanpa jasa yang harus dihargai keberadaannya terutama oleh pemda.

Harapan Mira dan rekan-rekan sesama honorer ke Adjo Sardjono bila ditakdirkan diberi amanah oleh warga Kabupaten Sukabumi di Pilkada 9 Desember 2020 nanti, Adjo Sardjono setidaknya bisa memperjuangkan peningkatan kesejahteraan insentif guru honorer yang awalnya hanya Rp 100 ribu perbulan menjadi idealnya minimal Rp 500 ribu.

"Teman-teman guru honorer di daerah utara Sukabumi juga banyak yang ngomong kalau Pak Adjo Sardjono orangnya aspiratif komunikatif terhadap para honorer. Dengan organisasi perkumpulan honorer juga dekat. Kalau ada unjuk rasa menyampaikan aspirasi pak Adjo selalu menanggapi bahkan hadir langsung,"tutur guru honor yang sudah 14 tahun mengabdi ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi