AMAN Menang di Pilkada Sukabumi, Festival Kopi Rutin Digelar

Jumat 09 Oktober 2020, 11:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak hanya festival duren, ke depan, Calon Bupati Sukabumi nomor urut 1 Adjo Sardjono siap menggelar program event akbar festival kopi di Kabupaten Sukabumi.

"Saya memang sengaja suka membuka dialog dengan warga kalau berkunjung ke suatu daerah. Ada masukan, ada kritikan apapun saya terima. Nah ini ada masukan dari pelaku bisnis kedai kopi agar Pemkab Sukabumi kedepannya mengadakan secara rutin festival kopi. Saya pikir ini ide bagus yang perlu direalisasikan," kata Adjo Sardjono di sela-sela dirinya ngobrol santai di kedai Kopi Absolute di daerah Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/10/2020).

Geliat bisnis kedai dan kafe kopi di Sukabumi kata Adjo memang terus mengalami perkembangan pesat. Tidak hanya di wilayah perkotaan, di pelosok desa yang cukup jauh dari hingar bingar aktivitas pun, kedai kopi mengalami pertumbuhan. Dengan kondisi ini, terang Adjo, membuktikan bisnis kopi memang prospektif untuk jadi lahan bisnis masyarakat.

"Contohnya di sini ya. Daerah Cipeuteuy Kabandungan kan cukup jauh dari perkotaan, tapi di sini ada kedai kopi yang tempatnya, penyajiannya, dan tentu rasa kopinya tidak kalah dengan kedai-kedai kopi yang ada di perkotaan," terangnya.

BACA JUGA: Konsolidasi di Nagrak Sukabumi, Adjo: Jewer Kalau Saya Salah

Tidak hanya siap mengelar festival kopi level kabupaten, Adjo bertekad festival kopi level nasional juga siap dihelat di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, guna mengungkit serta mendorong produksi potensi lahan pertanian khusus kopi juga akan dilakukannya. Sebab dari keluhan pegiat kopi, antara produksi panen kopi dengan kebutuhan konsumsi kopi belum seimbang.

"Penikmat kopi di Sukabumi banyak. Pegiat kopinya juga. Kopi asal Sukabumi rasanya enak tak kalah dengan kopi dari daerah lain. Tapi persoalannya hasil panen kopinya hanya satu tahun sekali ditambah petani yang mau menanam kopi masih minim. Ke depan harus ada sentra-sentra daerah lahan penghasil kopi dengan produksi banyak kualitas bagus," katanya.

Heriyansah (31 tahun) pengelola Kedai Kopi Absolute Coffee Cipeuteuy berharap, usulan festival kopi di Kabupaten Sukabumi bisa direalisasikan.

"Setidaknya para pelaku bisnis kopi bisa terdorong untuk berlomba menyajikan kopi yang menarik sesuai potensi kopi di daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Menurut Heriyansyah, bahan olahan kopi di Absolute Coffee merupakan kopi asli dari daerah Kapalanunggal. Kedai kopi yang dikelola dirinya dengan rekannya ini sudah berjalan dua tahun.

"Tapi untuk bisnis kopi mentahannya sih sudah empat tahunan, kalau kedai ini baru dua tahun. Alhamdulilah masih bertahan dan konsumennya stabil," tukasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)