Beda Pilihan di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Dewex Mundur dari PDIP

Kamis 10 September 2020, 07:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Wakil Sekretaris Bidang Internal DPC PDIP Kabupaten Sukabumi Dewek Sapta Anugrah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai pengurus PDIP. Ini dilakukan Dewex, karena beda pilihan dengan partainya terkait dukungan dalam pilkada Kabupaten Sukabumi.

Dalam surat tertanggal 10 Septmber yang ditandangani diatas materai 6 ribu ini, Dewek mengajukan pengunduran diri sebagai pengurus DPC PDIP Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024. Dalam surat yang ditujukan kepada DPC PDIP Kabupaten Sukabumi juga dituliskan pengunduran diri ini, berdasarkan permohonan rekomendasi pemecatan No. 572/IN/DPC.05-19.A/IX/2020.

Kepada sukabumiupdate.com, Dewex mengaku mundur karena beda pilihan dengan PDIP di Pilkada Kabupaten Sukabumi. Dewek secara pribadi lebih memilih mendukung pasangan petahana Marwan Hamami – Iyos Somantri yang diusulkan oleh koalisi Partai Golkar, PKS, Demokrat dan Nasdem.

“Saya memang hadir diacara deklarasi Marwan Iyos. Saya menghargai pilihan PDIP, sehingga saat itu tidak menggunakan atribut partai, melainkan memakai atribut ormas yang memang mendukung Marwan-Iyos di Pilkada Kabupaten Sukabumi,” tegas Dewex melalui pesan singkat, Kamis (9/9/2020).

BACA JUGA: Abu Bakar - Sirojudin Punya Jargon Harmoni di Pilkada Sukabumi, Ini Maknanya

“Di Pilkada ini saya dan PDIP beda pilihan, saya memilih mundur dari PDIP,” sambungnya.

Aktivis GMNI ini juga mengirimkan berkas surat pemanggilan dirinya oleh DPD PDIP Jawa Barat pada tanggal 9 September 2020 silam dalam rapat bidang kehormatan partai. Dalam surat tersebut ia diminta hadir atas rekomendasi pemecatan yang dibuat DPC PDIP Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Dari Al Masturiyah, Abu Bakar - Sirojudin Istighosah Sebelum Daftar di Pilkada Sukabumi

DPC PDIP menilai langkah Dewex yang hadir di acara deklarasi Marwan Iyos sebagai sikap tidak taat terhadap rekomendasi Ketua Umum PDIP Megawati dan keputusan DPP PDIP di Pilkada Kabupaten Sukabumi. PDIP telah menurunkan keputusan mendukung dan mengusung pasangan Abu Bakar Sidik dan Sirojudin bersama-sama dengan PKB dan PPP di Pilkada Kabupaten Sukabumi.

Dewex pun mengirim narasi panjang tentang sikap politiknya ini;

Ya dalam garis kepartain memang kita memiliki aturan main tersendiri dan ada sistem yg memang harus kita laksanakan guna kebesar partai, tapi jikalau sistem itu berjalan tanpa keputusan yang tidak collective collegial juga tidak baik jika berdasar pada kemufakatan. Jikalau misalkan dalam kontestasi pilkada hari ini banyak kader atau simpatisan yg berbelot maka seharunya ada upaya evaluasi bersama untuk bagimana merawat dan merajut kembali komunikasi itu dgn para kader dan simpatisan agar turut serta berjuang dalam suksesi pasangan yg di usung oleh partai. Adapun perbedaan pilihan ini juga harus jadi perhatian, dukungan yg dilakukan ini berdasarkan sikap politik kepartain atau organisasi lain yg si kader ikuti selain partai kan begitu, nah makanya tugas ini lebih kepada management komunikasi

Hingga berita ini diturunkan, redaksi sukabumiupdate.com masih berusaha mengkonfirmasi hal ini kepada Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Sukabumi.

Catatan redaksi: Naskah mengalami perubahan pada pukul 17.19 WIB. Ada penghilangan sejumlah kata yang intinya, Dewek Sapta Anugrah mundur sebagai pengurus DPC PDIP Kabupaten Sukabumi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi