Ke Sukabumi, Presiden PKS Sohibul Iman Beri Bocoran Soal Sikap Politik

Minggu 07 Juli 2019, 06:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden PKS, Sohibul Iman mengaku masih menunggu keputusan dari Majelis Syuro soal sikap politik PKS setelah koalisi 02 bubar. Hal itu disampaikan Sohibul Iman saat menghadiri acara Halal Bihalal PKS Kota Sukabumi, Minggu (7/7/2019) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

"Koalisi atau tidak itu tergantung kepada keputusan Majelis Syuro. Sekarang belum ada musyawarah lagi, jadi belum ada keputusan baru. Yang berlaku sekarang masih keputusan lama, keputusan sebelum Pilpres, dimana Majelis Syuro memberikan keputusan bahwa PKS bersama 02. Yang berarti PKS tidak dengan 01 dong," ujar Sohibul Iman kepada sukabumiupdate.com.

Mengingat Koalisi Adil Makmur bersama 02 kini sudah dinyatakan bubar, ia menegaskan tak serta merta PKS begitu saja merapat ke koalisi 01 yang sekarang berada di posisi pemerintahan.

BACA JUGA: Jelang 22 Mei 2019, DPD PKS Sukabumi Prihatin Kibarkan Bendera Setengah Tiang

"Nah sekarang koalisi 02 sudah bubar. Mandat tidak berarti kita langsung ke 01. Kita kembalikan ke Majelis Syuro. Kaidah pertama kita tidak dengan 01 itu masih berlaku juga," lanjutnya.

Ia pun tak banyak mengomentari soal sikap politik partai lain yang semula berada di koalisi 01 untuk mengambil sikap berada di sisi pemerintahan. Menurutnya, hal itu adalah keputusan dari masing-masing partai politik.

"Dalam hal ini saya tidak punya kewenangan untuk mengomentari keputusan kawan-kawan kita mau diluar atau di dalam pemerintahan. Itu adalah urusan partai masing-masing," imbuhnya.

BACA JUGA: PKS Dominasi Perolehan Suara Pileg DPRD Kota Sukabumi

Dalam politik, masih kata Sohibul Iman, ada semua kemungkinan. Jika Majelis Syuro memutuskan agar PKS berada di dalam pemerintahan, maka amanat itu yang akan ia jalankan.

"Tapi tebakan saya, saya melihat bahwa anggota Majelis Syuro ini kan perwakilan dari berbagai daerah, mewakili umat, rasa-rasanya PKS akan memilih di luar pemerintahan. Spiritntya ada disitu. Tapi tidak bermaksud mendahului, kita tunggu keputusan Majelis Syuro. Ini hanya berdasarkan pengamatan saya," tegasnya.

BACA JUGA: Bantah Tak Siap Disidang, Caleg PKS Kota Sukabumi Sebut Bawaslu Lalai

Ia menilai berada di luar pemerintahan adalah sesuatu yang sehat buat demokrasi. Apabila diputuskan sikap politik PKS berada di luar pemerintahan, maka PKS akan menjalankan fungsi check and balances.

"Kalau semuanya di pemerintahan, apa kata orang nanti? Insyaallah PKS siap menjalankan fungsi check and balances kalau sudah diputuskan oleh Majelis Syuro," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin