Light Dark

Ternyata Ada Jarum, Warga Sukabumi Temukan Pocong dan Foto Wanita di Makam Kokolot

Sukabumi | 05 Dec 2020, 14:01 WIB
Pocong guna-guna yang ditemukan warga Mandrajaya Sukabumi | ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com – Temuan pocong “mini” ukuran kecil bersama foto wanita di atas makam kokolot lembur (orang yang dihormati atau dituakan berpengaruh), di Kampung Nyalindung 2 Desa mandrajaya Kecamatan Ciemas, kabupaten sukabumi masih menyisahkan misteri. Terbaru warga juga menyebut ditemukan jarum yang dikubur dangkal diatas makam tersebut.

Benda-benda ini ditemukan tak sengaja oleh peziarah pada Jumat petang, 4 Desember 2020. Kepala Desa Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (5/12/2020) menjelaskan saat itu peziarah curiga karena makam kokolot lembut itu seperti bekas dibongkar.


Advertisement

“Tanahnya gembur dan basah, jadi peziarah curiga karena itu makam tua tak mungkin tanahnya gembur dan terlihat seperti ada gundukan baru,” jelas Agustina.

Gundungan tanah baru diatas makan tua tersebut kemudian dikorek dengan tangan. “Terlihat ada kain putih,ditarik teryata pocong ukuran kecil, seukuran satu jengkal orang dewasa. Sama warga kemudian digali pakai tangan, ditemukan juga foto wanita dan jarum,” ungkapnya.

BACA JUGA: Seram! Warga Sukabumi Temukan Pocong “Mini” di Makam, Ada Foto Wanitanya

Temuan ini kemudian dibawah ke rumah Kades Agustina oleh warga. Pocong kemudian diliat secara detil ternyata berisi boneka dari jerami kering. 


Advertisement

“Bentuk dan cara mengikatnya mirip dengan jenazah. Dibungkusnya juga dengan kain kafan, bahkan tali pocongnya juga dari kain kafan. Kami belum tahu siapa wanita yang fotonya ditemukan bersama pocong itu, sepertinya bukan orang desa sini,” beber Agustina.

Kades menduga benda-benda ini terkait hal mistis yang masih dipercaya oleh sebagian orang. “Kalau kata orang orang sih benda-benda ini bertujuan untuk menyakiti orang lain, guna-guna, santet klo bahasa na mah,” pungkas kades.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter