Light Dark

Pergeseran Tanah di Cidadap Sukabumi, Akses Jalan Terputus Rumah Terancam

Sukabumi | 30 Nov 2020, 08:27 WIB
Kondisi pasca pergeseran tanah di Kampung Buniwangi II RT 14/ 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Minggu (29/11/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Akses Jalan Terputus dan 5 rumah terancam akibat Pergeseran Tanah di Kampung Buniwangi II RT 14/ 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Minggu (29/11/2020) kemarin sekira pukul 14.30 WIB.

P2BK Kecamatan Cidadap Husni Mubarok mengatakan, Pergeseran Tanah terjadi akibat guyuran hujan deras. Pergeseran Tanah menyebabkan badan jalan dengan panjang 30 meter dan lebar 3 meter rusak, drainase atau saluran air rusak total, pondasi jembatan ambruk dan area sawah warga rusak.


Advertisement

"Kategori rusak berat. Selain itu, Pergeseran Tanah mengancam 5 rumah, jembatan penghubung antar desa dan kecamatan, tugu batas desa dan area sawah milik warga," papar Husni dalam keterangan tertulis kepada sukabumiupdate.com, Senin (30/11/2020).

BACA JUGA: Sungai Cibantar Cidadap Sukabumi Meluap, Dapur Rumah Warga Padasenang Ambruk

Pantauan di lapangan, lanjut Husni, terdapat retakan di permukaan tanah, serta situasi badan jalan terputus. Tim gabungan Muspika Cidadap, Pemdes, P2BK, KNPI, RT, RW dan warga setempat sedang melakukan penanganan.

"Pergeseran tanah tersebut secara berlangsung dari waktu ke waktu karena potensi tanah sangat labil. Material yang dibutuhkan bronjong 250 buah, batu pecah 100 meter kubik, pipa paralon 6 inci 10 batang dan semen 50 sak," tandas Husni.


Advertisement

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter