Light Dark

Kena Proyek Tol Bocimi Seksi II, Ini Tempat Relokasi SDN Kebonkawung Cicurug Sukabumi

Sukabumi | 13 Nov 2020, 11:00 WIB
SDN Kebonkawung, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Bangunan SDN Kebonkawung yang berada di Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi akan segera direlokasi.

Hal itu harus dilakukan karena bangunan lama sekolah tersebut masuk dalam siteplan pembangunan Tol Bocimi Seksi II. 

Kepala Desa Nanggerang, Unang Suwandi mengatakan, sekolah tersebut akan dipindahkan pada lahan yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi lama. Rencananya, pengerjaan akan dilakukan pada pekan ini. 

"Kami sudah bertemu dengan pemenang tender proyek tersebut. Dan rencananya dua atau tiga hari kedepan pengerjaan sudah dilakukan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (13/11/2020).

BACA JUGA: Tol Bocimi Sulap Cikembar Jadi Pilihan Investor, Kalahkan Bogor Karawang dan Subang

Unang menuturkan, dalam skema pembangunan ini, pihak Trans Jabar Tol (TJT) harus membangun dan menyelesaikan terlebih dahulu bangunan sekolah yang baru. Kemudian setelah itu baru pihak terkait bisa menghancurkan bangunan sekolah yang lama. 

"Jadi dijadikan dulu (gedung sekolah) yang baru, sebeluma gedung SD lama dirubuhkan. Kalau anggarannya kita kurang tahu," terangnya

Unang menjelaskan, nantinya sekolah yang baru ini akan dibangun pada lahan yang luasnya mencapai 2.000 meter persegi. Di atas tanah seluas itu nantinya akan dibuatkan sekitar 13 bangunan yang terdiri dari, enam ruang belajar, kantor guru, dapur, toilet ruang UKS, perpustakaan dan mushola.

BACA JUGA: Tol Bocimi dan Double Track Sukabumi Dalam Proses, Bappeda Petakan Ekonomi Kluster

"Kalau pengawasan akan dilakukan oleh TJT, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, dan pemerintah desa, termasuk dari pengelolaan sekolah itu sendiri," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter