Light Dark

Berburu Ikan di Laut Ujung Genteng Sukabumi, Nelayan Hilang Kontak

Sukabumi | 11 Nov 2020, 05:57 WIB
Pencarian perahu yang hilang kontak di laut Ujung Genteng Sukabumi hingga ke perairan Binuangen Banten. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Perahu jenis fiber dengan nama Putra Genteng PG 03 hilang kontak di laut ujung genteng Kabupaten Sukabumi. Perahu itu sebelumnya berlayar dari Dermaga ujung genteng dengan seorang nahkoda dan dua anak buah kapal.

Ketua Rukun Nelayan ujung genteng Asep Jeka mengatakan, perahu milik warga ujung genteng RT 01/01 Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten sukabumi itu berangkat dari Dermaga ujung genteng pada Senin (9/11/2020). 

"Senin sekira pukul 23.00 WIB saat sedang mancing, nahkoda menelepon pemilik perahu dan mengatakan bahwa mesin mengalami trouble (gangguan)," tutur Asep. "Hilang kontak di perairan ujung genteng saat menangkap ikan," ucapnya menambahkan.

Kemudian pada Selasa (10/11/2020) pagi, sejumlah nelayan menyusul perahu tersebut ke tengah lautan menggunakan perahu diesel. Namun sayang, perahu itu tidak ditemukan dan nomor telepon sang nahkoda pun tidak aktif. Hingga Rabu (11/11/2020) ini perahu tersebut masih dicari.

BACA JUGA: 12 Hari Hilang, Perahu PTR Ujung Genteng Sukabumi Terdeteksi di Perairan Lampung

"Sampai hari ini belum ada kabar, sedangkan pencarian masih dilakukan, baik di perairan ujung genteng hingga perairan Binuangen Banten," ungkap Asep Jeka.

Adapun identitas nahkoda adalah Suherman (48 tahun), warga Kampung Babakanlebu RT 03/07 Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Sementara satu anak buah kapal bernama Endang (50 tahun), satu alamat dengan Suherman. Lalu satu anak buah kapal lainnya bernama Muhtar (51 tahun), merupakan warga Kampung Babakan Astana RT 04/06 Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dan juga para pengurus nelayan di berbagai wilayah untuk memonitor dan memberikan informasi," terang Asep.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan. 

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter