Light Dark

Buruh Kepung Pendopo Sukabumi, Massa dari Pabrik Sukalarang Merayap di Jalan Nasional

Sukabumi | 07 Oct 2020, 02:20 WIB
Buruh Sukalarang Sukabumi yang mengikuti aksi demonstrasi UU Cipta Kerja, Rabu (7/10/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah video berdurasi 29 detik beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan ribuan buruh yang tengah melakukan longmarch menggunakan sepeda motor. Ada pula sebagian yang terlihat berjalan kaki.

Setelah ditslusuri, diketahui ribuan buruh di Sukalarang, Kabupaten sukabumi yang berasal dari PT Glostar Indonesia (GSI) dan PT Pratama Abadi Industri atau yang lebih familiar disebut Nike itu tengah melakukan aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja alias Omnibus Law.

"Ya GSI dan PT Pratama menuju Pendopo. UU Cipta Kerja," kata Serma Asep Mamat Batuud, Anggota Koramil 0701/Sukaraja yang ikut mengamankan lalu lintas di sekitaran pabrik di Sukalarang, Rabu (7/10/2020).

Buruh sukalarang Sukabumi yang mengikuti aksi demonstrasi UU Cipta Kerja alias Omnibus Law.

"Saya juga seluruh anggota ada di sini (Nike), tapi tadi sekitar jam 07.40 WIB bergerak ke Lapdek," tambahnya.

Kedua perusahaan tersebut tercatat sedikitya memiliki karyawan (buruh) hampir 15 ribu orang.

Ribuan buruh tersebut akan melakukan longmarch menuju Pendopo sukabumi untuk melakukan aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja yang memang dinilai merugikan kaum buruh.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Lapang Merdeka sukabumi akan menjadi titik kumpul aksi demonstrasi tersebut.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Reporter