Light Dark

Ditangkap! Ular Sanca yang Berkeliaran di Pemukiman Padat Gang Pelita Kota Sukabumi

Sukabumi | 12 Jun 2020, 10:15 WIB
Ular sanca kembang yang ditangkap di permukiman padat penduduk di Gang Pelita RT 02/01, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jumat (12/6/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Animal Rescue BPBD Kota Sukabumi mengevakuasi seekor Ular Sanca kembang di pemukiman padat penduduk di Gang Pelita RT 02/01, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jumat (12/6/2020).

"Ular yang berhasil ditangkap kurang lebih memiliki beban berat 30 kilogram dengan ukuran panjang lebih dari 4 meter," kata Petugas Animal Rescue BPBD Kota Sukabumi Opik kepada media.

BACA JUGA: Berbekal Seutas Tali, Remaja Gunungpuyuh Sukabumi Kembali Menangkap Ular Sanca Batik


Advertisement

Opik menjelaskan, selama upaya penanganan, petugas sempat mengalami kesulitan karena ular yang ditarget berada di dalam selokan air. Namun, sambung Opik, berkat kesigapan dan kesabaran, akhirnya petugas melakukan membolong paralon dicampur bensin untuk memancing agar ular muncul ke permukaan.

"Usaha itu berhasil, dalam tempo 30 menitan ular berhasil keluar dan ditaklukkan dalam kondisi hidup. Saat ini ular sudah diamankan oleh relawan dengan cara ditangkar untuk beradaptasi sementara waktu," jelasnya.

BACA JUGA: Ular Sanca Batik Sepanjang 3 Meter Gegerkan Warga Gunungpuyuh Kota Sukabumi


Advertisement

Opik mengungkapkan, diduga ular itu berasal dari sungai, lalu menyusuri selokan air ke kawasan permukiman. Kehadiraan reptil ini membuat warga Gang Pelita merasa resah karena berada di dekat rumah warga yang sewaktu-waktu bisa muncul dan dapat menggangu rasa nyaman. 

"Setelah diketahui tertangkap, warga saat ini tidak resah lagi atas keberadaan makhluk reptil ber-ordo squamata tersebut," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

OKSA BC

Reporter