Aturan Bagi Pengunjung Ketika TNGHS Resort Kawah Ratu Sukabumi Dibuka Kembali

Selasa 09 Juni 2020, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Resort Kawah Ratu tengah mempersiapkan skenario apabila tempat wisata di kawasan taman nasional itu dibuka kembali.

Staf Resort Kawah Ratu, Tatang Suryana mengatakan ketika tempat tersebut dibuka kembali untuk umum akan ada pembatasan kuota pengunjung. Jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk itu sebanyak 50 persen dari jumlah pengunjung yang biasanya. Kuota dikurangi agar pengunjung bisa menerapkan jaga jarak.

BACA JUGA: Selama Desember, Resort Kawah Ratu Sukabumi Evakuasi Lima Pendaki dari Gunung Salak

"Nanti kapasitasnya juga akan dikurangi menjadi 50 persen dari kuota yang disediakan sehingga pengunjung dapat mengatur jarak," kata Tatang kepada sukabumiupdate.com, di kantor Resort Kawahratu, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/6/2020).

Selain jumlah pengunjung yang dikurangi, pengunjung wajib menjalankan protokol kesehatan yaitu harus menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki tempat wisata tersebut. Dan untuk fasilitas umum yang berada ditempat tersebut akan disemprot disinfektan.

BACA JUGA: Warga Sukabumi, Akhir Tahun 2019 Pendakian Gunung Salak dan ke Kawah Ratu Ditutup

"Selain itu para petugas juga akan diberikan pelindung wajah ketika melayani pengunjung. Sebelum ditutup total sejak 18 April lalu kita sudah menerapkan hal serupa," terangnya.

Menurut Tatang, hingga saat ini belum ada keputusan kapan tempat wisata ini akan dibuka lagi. Mengingat saat ini Kecamatan Cidahu menjadi salah satu daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3. 

Ketika TNGHS ditutup, banyak pengunjung yang datang namun mereka harus putar balik. "Sampai saat ini banyak masyarakat yang datang ke sini, namun kami terpaksa memutar balikan mereka," jelasnya.

BACA JUGA: Ada Penolakan, Ini Penjelasan Soal Difungsikanya Lagi Jalur Kawah Ratu Cidahu Sukabumi

Lebih lanjut Tatang mengatakan, kendati TNGHS dibawah Kementerian Kehutanan namun untuk pembukaan kembali tempat wisata di tengah pandemi tergantung kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

Tatang menuturkan, Kepala Balai TNGHS sudah bertemu dengan Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi kemarin. Adapun maksud dan tujuan di gelarnya Kunjungan tersebut adalah terkait dengan akan dibukanya objek wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan Covid-19. Untuk memastikan ruang publik dan ruang kerja aman dan bersih bagi para pengunjung. 

Namun dari pertemuan tersebut belum diketahui kejelasannya kapan tempat wisata boleh buka. "Dari pertemuan dengan Pemda kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Namun balai sendiri berharap PSBB ini selesai 12 Juni mendatang. Jika diperpanjang kita akan tetap mengikuti," jelasnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992