Light Dark

Huni Gubuk Reyot, Lansia di Lengkong Sukabumi Tunggu Bantuan Gubernur

Sukabumi | 18 Apr 2019, 12:46 WIB
Gubuk reyot yang dihuni Omay (70 tahun) dan Ibtiah (63 tahun) warga Kampung Pasirmalang RT 07/02, Desa Langkap Jaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Demmi Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Omay (70 tahun) dan Ibtiah (63 tahun) warga Kampung Pasirmalang RT 07/02, Desa Langkap Jaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, mengaku didatangi sejumlah orang yang merupakan tim dari provinsi Jawa Barat, awal April lalu. Mereka datang menjanjikan lahan kemudian dibangunkan sebuah rumah.

Omay dan Ibtiah, pasangan lanjut usia (lansia) ini menghuni Gubuk Reyot berukuran 3x4 meter yang beratapkan terpal, beralaskan tanah, dan dinding bilik yang sudah rapuh. Namun hingga kini, bantuan yang dijanjikan sejumlah orang itu tak kunjung datang.

BACA JUGA: Satu Keluarga Huni Gubuk Reyot di Lengkong Sukabumi


Advertisement

Ibtiah mengatakan, salah seorang dari sejumlah orang yang datang ini menghubungkanya dengan seseorang lewat telepon. 

"Saat itu bahkan saya sempat berbincang lewat handphone salah seorang dari mereka dengan seseorang, saya tidak tahu apakah itu bapak Gubernur atau bukan, tapi saat itu ia menjanjikan dalam 1 minggu akan turun bantuan buat saya," ungkap Ibtiyah kepada sukabumiupdate.com. Kamis (18/4/2019). 

Ibtiah berharap niat orang yang mau membantunya itu terealisasi. Sebab kini suaminya, Omay sakit sedangkan ketika hujan deras turun, banyak air menyelinap masuk melalui lubang-lubang di atap terpal.


Advertisement

BACA JUGA: Nenek Huni Rumah Reyot di Kebonpedes: Mudah-mudahan Bupati Bisa Bantu

"Kondisi kesehatan saya dan suami saat ini sudah semakin memburuk, asma saya sering kambuh dan suami setiap malam demam," sambungnya. 

Sementara itu, ketua RT 07 Amin Sogandi membenarkan sekitar satu setengah bulan lalu beberapa orang mendatangi kediaman Ibtiyah dan Omay. Orang tersebut menjanjikan segera memberikan bantuan.

"Saat itu sih janjinya dalam 1 minggu mereka akan kembali lagi, namun hingga saat ini belum juga ada kabar. Bukan apa-apa saya kasihan aja mereka jadi berharap - harap dan sering kali menanyakan kabar lanjutan bantuan itu sama saya," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

DEMMI PRATAMA

Reporter