Light Dark

Respons DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tol Cibadak-Palabuhanratu

Pemerintahan | 18 Dec 2020, 22:30 WIB
Pembangunan Tol Bocimi seksi II di wilayah Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Selain tol bocimi yang saat ini dalam progres, pemerintah juga akan memulai pembangunan tol Cibadak-Palabuhanratu. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun akses Tol Selatan Sukabumi yaitu ruas Cibadak - Palabuhanratu sepanjang 35 Kilometer, mendapat apresiasi ketua komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurzaman. 

Sebelumnya, Informasi Tol tersebut itu datang dari Kementerian PUPR saat melakukan konsultasi publik secara virtual dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi terkait Tol Cibadak- Palabuhanratu.

Menurut dia, pembangunan Tol tersebut sejalan dengan pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Sukabumi Utara (KSU), yang akan segera terjadi di tahun 2021.

BACA JUGA: Kabar Terbaru Tol Cibadak Palabuhanratu, Panjang 35 KM Dimulai Desember Ini

"Dari mulai penatataan baik infrastruktur, maupun pemerintahan, kami sangat apreasi sekali ke pemerintah pusat, seperti pembangunan Tol  Bocomi. Dari semenjak dulu, baru era pemerintahan pak Jokowi Tol Bocimi bisa tuntas," bebernya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/12/2020).

"Apalagi ketika akan dibangunnya Tol ke selatan Sukabumi ruas Cibadak-Palabuhanratu, itu salah satu torobosan yang sangat luar biasa, " ucap Paoji.

BACA JUGA: Cigombong-Cibadak Rampung 2021, Ini Bocoran Target Selesai Tol Bocimi Hingga Sukabumi Timur

Pembangunan Tol Cibadak - Palabuhanratu Ini harus disambut dengan baik, karena ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan akses fasilitas angkutan dan untuk meningkatan sumber PAD. Sebab dengan adanya tol, akan memikat investor untuk berinvestasi di selatan Sukabumi.

"Kenapa hari ini para investor tidak mau masuk, alasan akses jalan. Tetapi kalau Tol sudah selesai Insya Allah wilayah selatan akan jadi proyek wisata yang lebih maju dan berkembang, indah dan bagus. Pasti wisatawan dari negara lain juga pada datang," jelasnya.

Dengan demikian, kata Paoji, secara otomatis ekonomi masyarakat akan lebih meningkat dan masyarakat pun harus sudah siap dengan kemampuan sumber daya manusianya.

Ingat pesan ibu:Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter