Light Dark

Trotoar Tertutup Tempat Sampah di Kota Sukabumi, Ini Penjelasan Pemda

Pemerintahan | 26 Oct 2020, 06:43 WIB
Bak sampah di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi yang menutupi akses pejalan kaki di trotoar. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan sebuah tempat sampah di atas trotoar Jalan Bhayangkara, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, mendapat tanggapan dari Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Sukabumi, Eneng Rahmi.

Rahmi mengatakan, foto yang beredar soal tempat pembuangan sampah tersebut diambil pada jam buang sampah, yakni sekira pukul 18.00-06.00 WIB.


Advertisement

"Foto diambil pada jam buang sampah," Ujar Rahmi kepada sukabumiupdate.com, Senin (26/10/2020) melalui pesan singkat.

Rahmi menuturkan bahwa tempat sampah yang dibangun di atas trotoar tersebut masih merupakan lahan taman atau jalur hijau.

"Yang dibangun bukan pada trotoar tapi di atas lahan taman atau jalur hijau," terangnya.

BACA JUGA: Tempat Sampah Ini Halangi Trotoar, Warga: Hanya Ada di Jalan Bhayangkara Sukabumi


Advertisement

"Trotoar masih ada di belakang TPS. Karena banyak yang melempar sampah ke sungai, jadi oleh masyarakat setempat ditutup dengan seng," ungkapnya menambahkan.

Rahmi mengimbau kepada masyarakat untuk membuang sampah tempat waktu dan pada tempatnya. 

"Sesuai Perda, buang sampah itu pukul 18.00-06.00 WIB dan dibuang ke dalam TPS," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, lama dibiarkan menghalangi trotoar, warga Jalan Bhayangkara kota sukabumi akhirnya memprotes keberadaan bak sampah di dekat perempatan Sriwedari (gang Isnen). Bak TPS (tempat sampah sementara) itu menutup akses warga sehingga fungsi trotoar sebagai fasilitas pejalan kakipun hilang.

Hal ini diungkapkan oleh Bambang, warga yang rumahnya berada tak jauh di bak sampah itu. “Semoga bisa didengar dan diperbaiki.  Sepengatahuan saya fungsi trotoar itu untuk pejalan kaki, ini tertutup bak sampah. Kalau ada pejalan kaki dari arah bawah yang nggak tau, pasti kejebak,” jelasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

CRP 8

Reporter