Lima Pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi Dilantik, Siapa Saja?

Jumat 11 September 2020, 05:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami melantik pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025, di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/9/2020). Pelantikan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-150. 

Pimpinan Baznas yang dilantik terdiri dari H. Unang Sudarma Ketua, Dachlan Gozali Wakil Ketua I, H. Endin Badrudin Usman Wakil Ketua II, Atot Sugiri Wakil Ketua III, dan M. Taufik Wakil Ketua IV.

BACA JUGA: Gerakan Baznas Kota Sukabumi Ditengah Pandemi Covid-19

Panitia Hari Jadi ke 150 Kabupaten Sukabumi Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Sukabumi Usep Setiawan mengatakan dari 23 orang yang mendaftar menjadi pimpinan Baznas. Berdasarkan hasil seleksi diambil lima orang yang saat ini dilantik.

"Dari 23 orang yang daftar kemudian diseleksi menjadi 10 orang. Setelah itu, diambil lima orang dengan rangking terbaik menjadi pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi," bebernya

Proses seleksi sendiri melibatkan berbagai pihak. Bahkan, melibatkan lembaga pendidikan untuk menguji tes tertulis dan psikotes.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Terima Bantuan dari Baznas Untuk Korban Longsor Cisolok

 "Panitia seleksi sendiri ada dari Pemda, Kemenag, ulama, dan tokoh masyarakat. Kalau tesnya, kita kerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Apalagi kita ada seleksi administrasi, tes tertulis,psikotes,wawancara. Bahkan ada investigasi oleh Baznas pusat," pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Marwan meminta agar pimpinan Baznas periode 2020-2025 bisa melaksanakan amanahnya dengan penuh tanggungjawab khususnya dalam mengelola dan mendayagunakan potensi zakat infak sedekah (ZIS) di Kabupaten Sukabumi.

"Saya berharap Baznas Kabupaten Sukabumi mampu meneguhkan dan mengarusutamakan Baznas sebagai energi perubahan. Khususnya kepada para muzakki dan menjadi instrumen pembangunan ekonomi umat. Sehingga, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA: Baznas, ZCD dan PMI Kota Sukabumi Bentuk Kampung Tanggap Bencana Corona

Berkaitan tasyakur binni'mah hari jadi Kabupaten Sukabumi ke 150 tahun, Marwan berterima kasih kepada jajaran yang telah menyelenggarakan seluruh kegiatan milangkala hingga berjalan dengan lancar.

"Walaupun dilaksanakan dalam kondisi keprihatinan akibat Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat dan tekad kita. Terutama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi," ucapnya.

Kabupaten Sukabumi, Tambahnya, telah menorehkan berbagai prestasi dalam upaya mewujudkan masyarakat yang religius dan mandiri. Di antaranya, penghargaan kategori Kepala Daerah pendukung kebangkitan zakat pada Baznas Award 2019.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Sukabumi Perpanjang Kerjasama Dengan Baznas, 450 Jiwa Didaftarkan

"Selain itu, Pemda telah menerbitkan kebijakan dalam upaya peningkatan pemahaman, pengamalan, dan pengembangan nilai nilai keagamaan. Baik lewat Peraturan Bupati, Instruksi Bupati, maupun Surat Edaran," ungkapnya.

walau demikian Ikhtiar Pemda dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri akan sulit diwujudkan secara optimal apabila tidak didukung oleh seluruh masyarakat.

"Untuk itu, perlu sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat secara umum. Sehingga, nilai nilai keagamaan diharapkan menjadi solusi dalam membentengi masyarakat. Termasuk generasi muda dari perilaku yang dapat merusak akidah akhak," terangnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa