Rilis Perbup Nomor 55 Tahun 2020, Ini Aturan Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Sukabumi

Rabu 19 Agustus 2020, 10:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi merilis Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembelajaran Tatap Muka di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Perbup yang diundangkan tanggal 18 Agustus 2020 ini mengatur tahapan, syarat hingga sumber pendanaan untuk sekolah tatap muka di Kabupaten Sukabumi.

Pasal 3 menjelaskan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa AKB Covid-19 dapat dilaksanakan untuk semua jenjang pendidikan yang berada di zona hijau dan kuning, dan dilarang pada wilayah yang berada pada zona oranye dan  merah. Selanjutnya satuan pendidikan yang diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka harus mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan (Disdik), dan mendapatkan persetujuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan GTPP Covid-19.

Dalam pasal 6 disebutkan, untuk level TKLB, SLB, SMA dan SMK harus izin dari Disdik Jabar dan GTPP Kabupaten Sukabumi, Level SMP, paket B dan paket C harus dapat izin Pemkab lewat Disdik Kabupaten Sukabumi dan GTPP Kabupaten.

MTS dan MA izinnya dari Kantor Kementrian Agama dan GTPP Kabupaten Sukabumi. SD, paket A, TK, KB, TPA, SPS harus izin dari Disdik Kabupaten dan GTPP kecamatan. MI, RA, BA dari Kantor Kementrian Agama dan GTPP Kecamatan.

BACA JUGA: Kemendagri Dukung Sekolah Pakai Dana BOS untuk Cegah Covid-19

Dalam pasal tentang persyaratan ini ditegaskan kembali bahwa sekolah tatap muka ini hanya berlaku bagi siswa yang sudah mendapatkan izin dari orang tua wali. 

Pembelajaran tatap muka di Kabupaten Sukabumi pada zona Hijau dan Kuning akan dilakukan secara bertahap. Mulai masa transisi pada 2 bulan pertama sejak dilaksanakannya pembelajaran tatap muka.

Bulan pertama pada satuan pendidikan yang peserta didiknya kurang dari 100 orang maka hanya 50 persen dan 25 persen untuk yang peserta didiknya lebih dari 100 orang. Pada bulan kedua, 100 persen untuk yang memiliki peserta didik kurang dari 100 orang, dan 50 persen untuk satuan pendidikan yang peserta didiknya lebih dari 100 orang.

Selanjutnya setelah masa transisi selesai, dilanjutkan dengan masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), 100 persen untuk satuan pendidikan yang peserta didiknya kurang dari 100 orang, sedangkan 75 persen (bulan ketiga) dan 100 persen (bulan keempat) untuk yang peserta didiknya lebih dari 100 orang.

BACA JUGA: KPAI Kecewa Pemerintah Buka Sekolah di Zona Kuning Corona

Pembelajaran tatap muka ini, paling cepat dilaksanakan pada bulan September 2020 pada jenjang MA, MAK, SMP, MTS, SD, dan Mi. Bulan November 2020 pada jenjang PAUD. 

Dalam perbub ini ditegaskan pembelajaran tatap muka ini akan terus dipantau pelaksanaannya,oleh semua lembaga yang diatur bertanggung jawab yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan GTPP.

“Apabila dalam pelaksanannya ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau apabila ternyata terindikasi dalam kondisi yang tidak aman, maka wajib dilakukan penutupan kembali pembelajaran tatap muka,” seperti tertulis dalam pasal 17 dan 20 Perbup Nomor 5 tahun 2020.

Untuk sumber pendanaan, diatur dalam pasal 21. Dimana sekolah dipersilahkan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) atau dana operasional pendidikan, untuk keperluan penanganan covid-19, termasuk pembiayaan sekolah jarak jauh (daring).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel17 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Updaters yang Mengalami Diabetes Dapat Mencoba Membuat Air Rebusan Kayu Manis Berikut di Rumah. Minuman Herbal ini Dipercaya Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh.
Ilustrasi. Teh Kayu Manis, Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah | Sumber: Freepik.com (azeirbaijan_stockers)
Science17 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Potensi Diguyur Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist