Light Dark

Ikuti Festival Durian, Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Lokal

Pemerintahan | 17 Jan 2019, 14:51 WIB
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menghadiri Festival Durian di Desa Cimanggu Kecamatan Palabuanratu. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku akan mendorong potensi lokal yang ada di Kabupaten Sukabumi. Apalagi saat ini pemerintah saat ini fokus pada pengembangan kawasan dalam sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta pariwisata yang dapat meningkatkan income perkapita untuk memajukan Kabupaten Sukabumi.

"Kita berharap Dinas Pertanian bisa mengagendakan semua komoditas unggulan pertanian untuk di pamerkan, seperti durian, manggis, salak dan sebagainya. Sehingga Sukabumi bisa menjual potensi daerah asli Sukabumi, di sekitar kita banyak ruang yang kurang produktif ini yang harus kita dorong," ungkap Marwan dalam sambutannya saat menghadiri Festival durian di Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuanratu, Kamis (17/1/2019).

Marwan meyakini, ketika semangat masyarakat dengan pengembangan agrowisatanya timbul, maka secara beriringan infrastruktur pun akan mengikuti," Selama ini orang taunya durian Cikakak, tapi sekarang ada potensi durian di sini dan tidak kalah dengan durian-durian dari luar negeri. Kedepan kita agendakan pameran durian tahunan dan kita siapkan ruang untuk para petani," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimanggu, Acep Purkalih festival pesona durian lokal diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para petani untuk meningkatkan produksi dan kualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani di daerah tersebut.

"Untuk 2019 Desa Cimanggu mengembangkan durian, manggis dan jahe, kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi petani durian, supaya bisa menggali potensi dan menjadikan durian sebagai primadona di daerah ini," jelasnya.

BACA JUGA: Wabup Adjo Terima Audiensi Mahasiswa Rimasi di Pendopo Sukabumi

Apalagi Desa Cimanggu Kecamatan Palabuanratu ini, kata dia, adalah salah satu desa yang berada di Kabupaten Sukabumi yang memiliki potensi alam luar biasa.

"Bukan hanya keindahan alamnya namun juga dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi buah-buahan seperti durian, manggis dan rambutan. Maka dari itu untuk memasarkan dan mengenalkan potensi tersebut berinisiasi menyelenggarakan festival pesona durian lokal 2019 dilapang Desa Cimanggu," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Humas Setda Kabupaten Sukabumi

Reporter