Light Dark

Buka Bimtek Akuntansi, Sekda Kabupaten Sukabumi Ingatkan Pentingnya Kualitas Laporan Keuangan

Pemerintahan | 15 Jan 2019, 23:25 WIB
Sekda Kabupaten Sukabumi saat menghadiri Bimtek Akuntansi, Selasa (15/1/2019). | Instagram/humassukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri membuka secara resmi giat Bimtek Akuntansi bagi Penyusun Laporan Keuangan Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi Tahun 2019. Bimtek digelar sebagai perwujudan akuntabilitas pemerintah daerah kepada masyarakat dalam pengelolaan dan pengalokasian sumber-sumber-sumber anggaran.

Giat yang digagas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) itu digelar di salah satu hotel berbintang Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (15-16/7/2019). Giat diikuti 108 peserta yang berasal dari 37 orang perwakilan perangkat daerah, 47 orang perwakilan kecamatan dan 24 orang pegawai BPKAD.


Advertisement

Dalam sambutannya, Iyos menyebut, kinerja pengelolaan keuangan diukur dari kualitas laporan keuangan yang dinilai oleh BPK RI dengan pemberian opinion. Kualitas laporan keuangan dinilai dari kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, pengungkapan yang cukup, kepatuhan terhadap peraturan Perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Sehingga dengan peningkatan kualitas laporan keuangan ini, mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menjadi tugas kita bersama,” tegasnya.

Iyos mengatakan, kapasitas SDM pemerintah daerah yang andal adalah kunci sukses terlaksananya pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel. Sehingga untuk menjawab perkembangan dan dinamika dalam pengelolaan keuangan daerah, kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.


Advertisement

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Terima Bantuan dari Baznas Untuk Korban Longsor Cisolok

"Saya berharap dengan kegiatan ini dapat terwujud penyusunan laporan keuangan yang memiliki kompetensi andal dan professional, sehingga kita dapat kembali mempertahankan opini WTP dari BPK RI," tutupnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Humas Setda Kabupaten Sukabumi/ADV

Reporter