Light Dark

HKN ke 54, Bupati Sukabumi Kembali Kampanyekan Mens Sana In Corpore Sano

Pemerintahan | 18 Nov 2018, 08:04 WIB
Bupati Sukabumi saat menghadiri acara puncak Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Lapang Cangehgar. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com -  Bupati Sukabumi, Marwan Hamami hadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 yang dipusatkan di lapang Cangehgar Palabuhanratu,  Minggu (18/11/2018). Kegiatan rutin tiap tahun ini diharapkan memilili dampak nyata pada kesehatan masyarakat.

"Kalau dulu kan kita waktu kecil ada tagline dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat (mens sana in corpore sano) , ya meskipun sekarang jarang dimiliki anak anak tapi tagline ini perlu diyakini," ujar Marwan.

Bupati menjelaskan semangat mens sana in corpore sano perlu diyakini karena berbicara Kabupaten sukabumi dengan 47 Kecamatan yang sangat luas. Sumber daya manusia yang harus dimiliki oleh Kabupaten Sukabumi harus secara fisik dan mental siap.

"Ini tantangan alam, tantangan potensi yang ada, Yang terpenting kalau kita melakukan kegiatan hidup sehat biaya untuk mencegah sakit, uangnya itu bisa dipakai untuk biayai pembangunan."

Marwan menegaskan saat masih harus menanggung penuh kesehatan masyarakat sebelum adanya program BPJS,  dananya mendekati  Rp 40 Milyar.

BACA JUGA: HKN ke 54, Kadinkes Kabupaten Sukabumi Sampaikan Pesan Pembangunan Kesehatan

"Coba kalau angka tersebut jadi jalan atau rehabilitasi rumah tidak layak huni, dengan syarat masyarakat tidak banyak yang sakit itu yang harus kita galakan kedepannya," jelasnya.

Masih kata Marwan yang paling terpenting adalah masyarakat hari ini selain harus hidup sehat juga harus mencintai kebersihan lingkungan.

 "Sampah menjadi media untuk penularan penyakit. Jadi Kebersihan lingkungan ini akan bisa memberikan dampak positif," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI/ADV

Reporter