Light Dark

Ibu Anak Pelaku Inses dan Pembunuh Bocah di Lembursitu Jalani Tes Kejiwaan

Hukum | 25 Sep 2019, 07:15 WIB
Pelaku pembunuh gadis cilik saat berada di poliklinik jiwa RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi, Rabu (25/9/2019). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Tim ahli kejiwaan RSUD R Syamsudin memastikan ibu dan dua anak pelaku Perkosaan serta pembunuhan gadis cilik berusia lima tahun di Lembursitu, Kota Sukabumi dalam kondisi sehat. Ketiga pelaku, RG (16 tahun), Rd (14 tahun) dan Sri (35 tahun) diperiksa tim medis kejiwaan di RSUD R Syamsudin, Rabu (25/9/2019) dengan pengawalan ketat sejumlah petugas kepolisian.

"Ini adalah prosedur resmi kepolisian, setiap ada kasus pelakunya dibawa ke poli jiwa. Dari pemeriksaan kejiwaan tadi, ketiga pelaku Pembunuhan bocah di Lembursitu ini dinyatakan sehat. Rekomendasi kesehatan jiwanya sudah kami laporkan ke penyidik kepolisian,” jelas Ketua Tim Penanganan Informasi dan Keluhan RSUD Syamsudin SH Kota Sukabumi, Wahyu Handriana kepada wartawan.

BACA JUGA: Psikolog: Keluarga di Lembursitu yang Idap Inses dan Bunuh Anak Angkat Alami Masalah Psikologis


Advertisement

Wahyu menegaskan tim medis hanya fokus pada masalah kejiwaan sehingga tidak masuk ke ranah penyimpangan seksual dari para pelaku. "Inses itu kan masalah moral, masalah psikologis kita tidak memeriksa ke sana, kita hanya memastikan ketiga pelaku ini ternyata sehat secara kejiwaan sebagai prosedur proses hukumnya.” 

Dokter spesialis kejiwaan RSUD R Syamsudin, Tommy Hermansyah menambahkan perilaku seks menyimpang ketiga pelaku lebih pada masalah moral dan sosial akibat pengaruh lingkungan. “Kedua anak yang menjadi pelaku inses ini terpengaruh dari kehidupan ibunya yang memang dominan dan sering memaksa. Perilaku seks menyimpang tersebut akibat diterpa pengaruh video porno yang sering mereka tonton bersama melalui handphone.”


Advertisement

BACA JUGA: Komnas PA Minta Ibu Angkat Pembunuh Nadia Dijerat Hukuman Seumur Hidup

Usai menjalani pemeriksaan kejiwaan, ketiga pelaku ini langsung dibawa penyidik kepolisian. Saat ini kasus Pembunuhan dan Perkosaan terhadap Nadia Putri, anak angkat dari keluarga pelaku ditangani oleh Polresta Sukabumi Kota.

Sebelumnya kasus ini digarap oleh Polres Sukabumi, karena lokasi penemuan mayatnya berada di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Namun penyidikan mengungkap Pembunuhan dan Perkosaan dilakukan para pelaku di rumahnya di wilayah Kota Sukabumi, yaitu Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu.

BACA JUGA: Ibu dan Anak Pelaku Pembunuhan di Lembursitu Sukabumi Idap Kelainan Seks, Inses?

“Penangangan kasus dan tersangkanya sudah kami serahkan ke Polres Sukabumi Kota karena TKP pembunuhannya di wilayah kota,” jelas Wakapolres Sukabumi Kompol Iman Rachman.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

FARRAH AM

Reporter