Light Dark

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Harga sembako di Palabuhanratu.

Bisnis | 23 Dec 2020, 14:25 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Harga sembako di Palabuhanratu.

Bisnis | 23 Dec 2020, 14:25 WIB
Ayam potong di Pasar Palabuhanratu naik harga menjelang natal dan tahun baru. Rabu (23/12/2020). | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2021, sejumlah harga sembako di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terpantau melonjak.

Hal itu diungkapkan Staff Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PSM Palabuhanratu, Maulana. Berdasarkan hasil pantauannya harga cabai merah kriting kini naik, dari Rp 50 ribu perkilogram menjadi Rp 60 ribu perkilogram.

BACA JUGA: Harga Komoditas di Pasar Parangkuda Sukabumi Alami Kenaikan, Cek Apa saja!

Tidak hanya itu, kenaikan juga dialami komditas cabai merah besar dari Rp 55 ribu menjadi Rp 60 ribu perkilogram. Sementara itu, daging ayam dari Rp 35 ribu menjadi Rp 37 ribu perkilogram.

"Beberapa memang mengalami kenaikan harga, menjelang Natal dan tahun baru ini," ujar Maulana, Rabu (23/12/2020).

Kenaikan juga terjadi pada harga telor ayam, saat ini harganya mencapai Rp 28 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 27 ribu perkilogram.

"Kenaikan harga bervariatif tidak terlalu signifikan ya artinya sejauh ini harga masih normal," jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya kenaikan harga komoditas itu. Maulana mengatakan, seperti cabai naik karena gagal panen di musim hujan sehingga hasil panen para petani tidak maksimal.

BACA JUGA: Jelang Akhir Tahun, Harga Sayur dan Komoditas yang Naik di PSM Cicurug Sukabumi

 "Rata rata kondisi cuaca yang mempengaruhhi perubahan harga sembako ini, karena memang saat ini memasuki musim penghujan," terangnya.

Maulana menturutkan, saat ini harga bahan pokok lainnya masih dalam kondisi normal. Ia mengaku, pemantauan harga ini akan dilakukan satu minggu sekali.

"Alhamdulillah yang lain aman. Kita sudah laporkan harga ini ke Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah," tandasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Image

Budiono

Redaktur

Image

Budiono

Redaktur

Image

NANDI

Reporter