Light Dark

Melihat Produk UMKM Desa Cidahu Sukabumi yang Dipamerkan di Bogor

Bisnis | 15 Nov 2020, 05:27 WIB
Salah satu produk UMKM Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi yang dipamerkan di pusat perbelanjaan di Bogor. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warga Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten sukabumi dipamerkan di pusat perbelanjaan yang ada di Bogor, Sabtu (14/11/2020) kemarin. 

Dalam pameran yang diselenggarakan Akademi umkm Indonesia (AKUIN) itu, Pemerintah Desa cidahu mendatangkan berbagai produk UMKM, mulai dari makanan, alat dekorasi, kerajinan, hingga tanaman hasil budi daya. 

Kepala Desa cidahu Asep Saepul Parlan mengatakan, yang menarik dari sejumlah produk tersebut adalah bunga hias yang terbuat dari sampah plastik hasil daur ulang. Selain itu, ada pula kerajinan bambu yang bisa dijadikan tempat untuk hiasan lampu, dinding, atau dijadikan gelas. 

"Menurut saya itu sangat unik, selain bentuknya yang bisa disimpan di mana saja, hasil karyanya pun memiliki daya jual karena sangat indah dan mirip bungan aslinya," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Produk umkm Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten sukabumi yang dipamerkan di pusat perbelanjaan di Bogor. Sumber foto: Istimewa

BACA JUGA: Buah Tangan Warga Kecamatan Cidahu Dipamerkan di FJ 2016

Parlan menuturkan, sementara untuk kerajinan bambu dari Desa cidahu jika disematkan di dalam rumah, dapat memberikan nuansa alami. Karena bambu yang digunakan dalam kerajinan ini adalah jenis bambu hitam, yang menurutnya dapat membuat rumah lebih estetik. 

"Selain produk itu ada juga kerajinan kayu ukir, sablon baju, wedding dekorasi, sabun cair, tanaman hias, dan rengginang," terangnya.

Parlan berharap dengan adanya produk umkm Desa cidahu di acara tersebut, bisa mengembangkan minat dan bakat masyarakat untuk berkreasi. Sehingga masyarakat dapat hidup berdikari dan mandiri.

"Covid-19 ini berdampak pada penurunan ekonomi. Semoga ini menjadi solusi dalam kondisi saat ini. Menghidupkan yang mati, menjalankan yang mogok," tandasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter