Light Dark

Perumda AM TJM Sukabumi Cabang Cicurug:  Program MBR Terpasang Seluruhnya 

Bisnis | 21 Sep 2020, 08:32 WIB
Kantor Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi Cabang Cicurug. | Syahrul Hilmawan

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Kabupaten Sukabumi Cabang Cicurug telah merealisasikan program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 270.

Kepala Perumda AM TJM Cabang Cicurug, Yusuf Saefullah mengatakan, program MBR untuk tahun ini telah terpasang seluruhnya. Menurut dia, 270 sambungan itu tersebar di Kelurahan Cicurug, Desa Nyangkowek, Desa Purwasari, Desa Tenjoayu, dan Desa Benda. Adapun Kelurahan Cicurug dan Desa Benda menjadi daerah dengan jumlah terbanyak sambungan MBR.

BACA JUGA: Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu Tuntaskan Pemasangan Sambungan Program MBR

Yusuf menuturkan, program MBR ini dicetuskan pemerintah pusat, dan dengan keberadaannya ini sangat membantu masyarakat. Pasalnya dalam program ini masyarakat tidak mengeluarkan uang banyak untuk dapat menikmati air bersih mengalir ke rumahnya.

Progam MBR ini membebaskan masyarakat dari biaya pemasangan, tetapi diwajibkan membayar Rp 120 ribu sebagai jaminan rekening selama dua bulan.

BACA JUGA: Demi Program MBR, Perumda AM TJM Sukabumi Tambah Sumber Air

"Dengan program ini masyarakat tidak dikenakan biaya dalam pemasangan. Namun pelanggan dikenakan biaya sebesar Rp 120 ribu. Biaya itu untuk administrasi pemakaian air dari program tersebut," tuturnya.

Hanya saja, tidak semua masyarakat di Kecamatan Cicurug yang berpenghasilan rendah dapat mengikuti program tersebut sebab adanya pertimbangan. Pertama mengenai lokasi dan jaringan pipa untuk pengadaan pelanggan baru.

"Kita sangat selektif dalam program ini karena terdapat beberapa wilayah yang letaknya berada diketinggian dan tidak bisa tersuplai air," tandasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter