Light Dark

Panen Perdana Mangga Geopark Ciletuh Sukabumi, Cek Harganya

Bisnis | 14 Sep 2020, 02:15 WIB
Panen perdana mangga Geopark Ciletuh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Musim buah Mangga di kawasan Geopark Ciletuh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi telah tiba. Sebagian para petani sudah mulai memanen buah mangga. 

"Ini panen perdana buah Mangga di Kawasan Geopark Ciletuh Desa Ciwaru," kata salah satu petani mangga, Eden Permana kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/9/2020).

BACA JUGA: Musim Panen Tiba, Cobain Deh Bedanya Mangga Khas Teluk Ciletuh Sukabumi

Eden menjelaskan, panen Mangga ini akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Ia menyebut, untuk pekan-pekan ini diperkirakan tiap tengkulak baru bisa memetik Mangga dua ton per hari.

"Awal panen satu orang tengkulak bisa memetik dua ton per hari, sedangkan tengkulak banyak, jadi tiap malam diperkirakan ada lima mobil yang bawa Mangga Geopark Ciletuh ke kota. Harga saat ini memang lumayan. Untuk Mangga tua dikisaran Rp 10.000 per kilogram dan Mangga muda Rp 8.000 per kilogram," jelasnya.

Panen perdana Mangga Geopark Ciletuh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Masih kata Eden, harga Mangga di momen panen raya ini juga sewaktu-waktu bisa berubah harga. Selain akibat diberlakukannya PSBB Jakarta, juga saat panen raya seringkali harga anjlok sampai Rp 5.000-6.000 tergantung kualitas mangga.

"Memang selama ini pemasaran Mangga Geopark Ciletuh ke kota kota besar seperti Jakarta. Kalau ada PSBB kan tengkulak repot juga imbasnya ke petani harga bisa murah," pungkasnya.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter