Light Dark

Sungai Cimaja dan Cisukawayana Keruh, Layanan AM TJM Cisolok Juga Cikakak Terganggu

Bisnis | 10 Apr 2020, 23:45 WIB
Kantor Perumda AM TJM Cabang Cisolok, Jalan Raya Cisolok, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Dok sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pelayanan Perumda Air Minum (AM) Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Cabang Cisolok kepada pelanggan mengalami gangguan.

Kepala Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi Cabang Cisolok, Durta Wijaya, mengatakan, gangguan terjadi karena sumber air ke Intalasi Pengolahan Air (IPA) Cimarinjung dan IPA Hongaria, tidak dapat diolah sebab keruh dan berlumpur. 

BACA JUGA: Longsor Lebak Nangka TNGHS Sukabumi Ganggu Suplai Air Pelanggan AM TJM Cabang Cisolok

Menurut Duta, air yang diolah IPA Cimarinjung bersumber dari sungai Cimaja sedangkan IPA Hongaria dari Sungai Cisukawayana. Sumber air tersebut keruh akibat dampak turunnya hujan deras di hulu sungai Cimaja dan Cisukawayana.

"Dua tempat pengolahan air itu sekarang off karena air untuk di olah keruh dan berlumpur," ujar Durta, kepada sukabumiupdate.com, melalui sambungan selularnya, Jumat (10/4/2020).

BACA JUGA: AM TJM Cabang Kalapanunggal Sukabumi Ajukan 118 Rumah Mengikuti MBR

Sebelumnya juga, pelayanan ke pelanggan Perumda di daerah Cisolok terganggu akibat longsor yang terjadi di Lahan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) blok Lebak Nangka, tepatnya di Kampung Cisuren RT 05/08 Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Longsor menyebabkan layanan distribusi air untuk pelanggan terganggu. Pasalnya sumber air bersih dari sungai Cimaja keruh atau kotor akibat tertimbun longsoran tanah.

BACA JUGA: Perumda AM TJM Sukabumi Backup Pasokan Air Cegah Covid-19

"Tadi air bersih hasil pengolahan sempat dialirkan ke pelanggan cuma ada sebagian yang belum ngalir. Penyebabnya air di dalam pipa belum penuh, karena kalau habis terjadi gangguan (air) susah mengalirkan ke konsumen. Butuh proses cukup lama malah sekarang off lagi," jelasnya.

"Atas ketidaknyamanan ini kami mohon maaf kepada para pelanggan wilayah Cisolok dan wilayah Cikakak, mudah mudahan kondisi air keruh dan berlumpur segera berakhir," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter