Air Tak Mengalir, Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi Jawab Keluhan Warga

Senin 15 April 2019, 08:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan tidak normalnya saluran air ke warga beberapa bulan kebelakang. 

Salah satunya diungkapkan warga Kampung Pintu, RT 03/09 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Pepen (57 tahun). Biasanya aliran air dari Perunda AM TJM selalu mengalir, namun saat ini nyaris setiap hari hanya mengalir pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB kembali tidak mengalir.

BACA JUGA: Perumda AM TJM Perbaiki Lima Titik Kebocoran di Daerah Layanan Cicurug Sukabumi

"Dulu itu saluran air dari PDAM (Perumda AMTJM, red) benar-benar menyala selama 24 jam. Tapi sekarang malah sering mati, pagi mati, malamnya nyala. Terus terusan seperti itu. Apalagi kalau hari Jumat, orang pulang kerja mau Shalat Jumat sedangkan di rumah air mati, kan jadi pusing," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (15/4/2019).

Pepen berharap saluran air kepada pelanggan dapat dioptimalkan lagi seperti biasanya, jangan sampai terus-terusan mati. "Gak mungkin tiap hari ada gangguan terus," kesalnya.

Senada dengan Pepen, Epi Mulyadi warga Citoke, Kelurahan Cibadak, air jika siang hari tidak pernah stabil. Kalau pun ada mengalirnya sangat kecil. 

"Kalau malam sih gak ada masalah, padahal yang diperlukan air mengalir siang. Kami berharap pelayanan lebih ditingkatkan, karena pada dasarnya masyarakat membeli air dan setiap bulan dibayar, kalau lambat juga kan kena denda," paparnya.

Sementara itu, Dirtek Perumda AM TJM, Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan. Pasalnya saat ini, pihaknya sedang melakukan perbaikan kebocoran pipa distribusi utama berdiamter 12 mili meter. 

"Kami atas nama mangement Perumda AM TJM, mohon maaf kepada seluruh pelanggan, khususnya yang terkena dampak perbaikan kebocoran pipa," katanya.

Menurutnya, kebocoran tersebut mengakibatkan pelayanan pada pelanggan mengalami gangguan. Kebocoran itu terjadi diindikasi sudah lebih dari satu minggu.

"Kebocoran pipa utama itu tidak tampak ke permukaan, sehingga kami kesulitan mencarinya. Namun dengan upaya dan minitoring yang dilakukan cabang Cibadak dan Caringin akhirnya kebocoran tersebut dapat kami temukan," ucapanya.

BACA JUGA: Penjelasan Dirtek Perumda AM TJM Sukabumi, Soal Hambatan Air di Wilayah Cibadak

Meskipun perbaikan sudah dapat diselesaikan, tambah Iyus, namun pengaliran air pada pelanggan tidak akan langsung bisa mengalir dengan cepat, karena sistem pengalirannya menggunakan sistem gravitasi.

"Team teknik cabang masih terus monitoring di area pelayanan, untuk mengecek wilayah-wilayah yang belum normal, serta melakukan pengecekan valve agar pembagian air dapat merata kembali," jelasnya.

Menurutnya kebocoran yang terjadi tidak bisa cegah lebih awal, karena merupakan faktor alam. Kendati demikian pihaknya berupaya untuk merespon cepat apabila ada kebocoran atau keluhan dari pelanggan.

"Mudah-mudahan tidak kembali terjadi kebocoran yang mengambat ke rumah warga. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayan kami, karena dengan terlalu seringnya kejadian ini pelanggan punya pemikiran lain tentang pelayanan Perumda AM TJM dan itu hal yang wajar. Intinya kami selaku pengelola telah berupaya dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)