Strategi DPKUKM Kabupaten Sukabumi Lindungi Konsumen di Tengah Arus Globalisasi

Kamis 14 Maret 2019, 10:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 50 orang yang terdiri dari komunitas konsumen, pemangku kepentingan dan aparatur pemerintahan desa serta para kader PKK Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, mengikuti sosialisasi tentang perlindungan dan pemberdayaan konsumen yang diselenggarakan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/3/2019).

Kasi Distribusi Tertib Niaga DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan, menjelaskan, latar belakang diadakanya kegiatan ini karena arus globalisasi dan perdagangan bebas semakin meningkat dengan dukungan kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika.

Hal itu, kata Iwan, berdampak pada memperluasnya ruang gerak arus barang transaksi barang atau jasa melintasi batas wilayah suatu negara. Sehingga barang dan atau jasa yang ditawarkan, bisa bervariasi baik produk luar negeri maupun produk dalam negeri.

"Intinya kita ingin memberikan pemahaman bahwa konsumen itu kan dibagi dua, ada konsumen akhir dan konsumen antara, nah konsumen antara inilah yang biasanya berjualan lagi, dengan adanya arus globalisasi ini, kita ingin para konsumen antara ini dapat bersaing dan melakukan inovasi terhadap produknya," jelas Iwan kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: DPKUKM Kabupaten Sukabumi : Peci Rajut Khas Kebonpedes Siap Bersaing se-Jabar

Menurut Iwan, perlindungan konsumen menjadi pembahasan dalam kegiatan kali ini pada dasarnya menyangkut berbagai kepentingan, sehingga penyelenggaraannya perlu dilakukan secara terkoordinasi dan terpadu.

Hal tersebut untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan perlindungan konsumen yang menjamin diperolehnya hak dan kewajiban konsumen dan juga para pelaku usaha. Namun untuk mewujudkanya bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

"Perlu keseriusan dan itikad yang kuat dari seluruh stakeholder dalam melaksanakan amanat perlindungan konsumen sesuai fungsi dan kewenangannya masing-masing," ujarnya.

Ia berharap, konsumen menjadi cerdas, kritis, serta memiliki kesadaran untuk bertindak, baik untuk dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungannya. Ia menambahlan, hal ini merupakan bentuk langkah preventif konsumen sebelum dirinya dirugikan.

"Hal ini merupakan sebagian dari latar belakang lahirnya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," terangnya.

BACA JUGA: Bingung Bikin Desain Kemasan? Konsultasi Saja ke DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Gratis Lho

Dalam hal ini DPKUKM Kabupaten Sukabumi ingin masyarakat dapat memahami betul arti pentingnya pemberdayaan konsumen sehingga dapat mewujudkan komunitas konsumen yang lebih cerdas, kritis dan memilki kesadaran bertindak baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya,serta meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan, dan  menuntut hak-haknya sebagai konsumen. 

"Sehingga para konsumen ini mampu menghadapi pasar yang semakin terbuka," imbuhnya. 

Selain itu, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya pemberdayaan konsumen, sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya secara profesional.

"Mengedepankan etika bisnis, tertib mutu dan tertip ukur serta tertib niaga," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)