Meninggal Dunia, Profil Rektor Universitas Paramadina Firmanzah yang Pernah Jadi Stafsus SBY

Sabtu 06 Februari 2021, 10:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu, 6 Februari 2021 sekira waktu Subuh. Kabar ini secara resmi turut disampaikan oleh pihak kampus dalam laman resminya.

"Mohon doa agar Almarhum khusnul khotimah, diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal ibadahnya. Amin YRA," tulis pihak kampus dalam berita duka di website resmi Universitas Paramadina.

Firmanzah merupakan pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 7 Juli 1976 atau 44 tahun yang lalu. Ia adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia angkatan 1994.

Melansir dari Tempo, setelah lulus dari jenjang strata pertama pada 1998, Fiz, panggilan akrabnya, melanjutkan studi ke Universitas Lille Prancis. Di sana ia mendalami bidang strategi organisasi dan manajemen. Kemudian Fiz menyelesaikan studi tingkat doktoralnya di bidang manajemen internasional dan strategis di Universitas Pau and Pays De l'Adour dan selesai pada 2005.

Dalam karir profesionalnya, Fiz bekerja sebagai analis pasar di sebuah perusahaan asuransi hingga dosen di kampusnya sendiri. Namun nama Firmanzah mulai dikenal usai menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2009-2013 di usia 32 tahun. Ia mengukir sejarah di almamaternya sebagai dekan termuda. 

Ketika proses seleksi dekan, Fiz membawa visi dan misi untuk membawa UI bersaing dengan universitas di luar negeri. Visi dan misi ini akhirnya berhasil memikat civitas akademika UI saat itu.

Rangking-nya ketika seleksi selalu berada di posisi teratas, baik dalam polling angket maupun penilaian panitia dekanat dan rektorat. Sehingga Fiz pun terpilih sebagai dekan, menyingkirkan para seniornya. Selain itu, Fiz juga menjadi Guru Besar FEB UI di usia 33 tahun.

Sepanjang berkarir di UI, Fiz berhasil menerbitkan beberapa buku karangannya. Sejumlah buku tersebut memiliki tema ekonomi politik. Namun ada pula beberapa judul Marketing Politik hingga Mengelola Partai Politik.

Pada Agustus 2011, Majalah CAMPUS Indonesia merilis 20 Akademisi Top Indonesia. Mereka muda, berprestasi, dan penuh karya di sejumlah universitas di Indonesia.

Akademisi tersebut semuanya berusia di bawah 50 tahun. Fiz yang kala itu masih menjadi dekan, masuk dalam daftar tersebut. Ia bergabung dengan beberapa nama lain seperti mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo dan Adrianus Meliala, Anggota Komisioner Ombudsman RI.

Kemudian pada 2012-2014, Fiz masuk ke Istana. Ia didaulat menjadi staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang ekonomi. Hingga akhirnya pada 15 Januari 2015, Fiz terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

Selain berkarir sebagai akademisi, Firmanzah juga masuk ke dunia korporasi. Hingga hari ini, ia masih tercatat sebagai komisaris independen PT Bakrie & Brothers Tbk yang dipimpin oleh Anindya Novyan Bakrie.

Meninggalnya Firmanzah menyisakan duka yang mendalam. Ucapan belasungkawa pun mengalir dari sejumlah pihak, termasuk mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. 

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Kita kehilangan salah satu tokoh muda sekaligus Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah, Ph.D. Saya mengenal kepribadian & pemikiran almarhum ketika bertugas di lembaga kepresidenan sebagai Staf Khusus Presiden bidang ekonomi," tulis SBY di akun Twitter miliknya.

SBY menuturkan, Firmanzah merupakan sosok muda yang memiliki idealisme tinggi dan selalu berpikir positif. Di mata SBY, Fiz juga sosok yang memahami ekonomi yang berkeadilan dan politik yang berkeadaban.

"Saya tahu passion-nya pada bidang "political economy" & pendidikan. Berpikirnya "clear", bicaranya runtut & kuat dlm substansi," cuit SBY.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy