Papa Online Garap Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Gantikan Wisnutama

Selasa 22 Desember 2020, 10:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi menteri sebelumnya, yakni Wishnutama Kusubandio.

“Saya ingin mengenalkan, tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Uno, beliau adalah Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi, dan  saat ini beliau akan kita berikan tangung jawab memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Jokowi di Istana Negara melalui siaran video YouTube, Selasa, 22 Desember.

Sandiaga yang kekinian dapat sebutan papa online dari netizen ini adalah Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Di Ibu Kota, ia menjadi pasangan politik Anies Baswedan, yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anies dan Sandiaga dilantik pada 2017.

Namun hanya setahun menjabat di DKI Jakarta, tepatnya pada 2018, Sandiaga mengundurkan diri. Ia dipinang Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden untuk kontenstasi Pipres 2019. Namun pasangan calon itu kalah dalam pemilu.

Jauh sebelum berkiprah di bidang politik, Sandiga kesohor sebagai pengusaha. Ia merupakan pendiri perusahaan keuangan, yakni PT Saratoga Investama.

Saratoga tercatat memiliki portofolio investasi dengan kepemilikan di atas 5 persen pada 9 perusahaan terbuka. Perusahaan terbuka itu tidak hanya di Indonesia, tetapi ada juga di Singapura dan Australia.

Bisnis itu tak ujug-ujug ia dirikan. Dalam beberapa kali kesempatan, Sandiaga bercerita bahwa ia memulai bisnis lantaran kecelakaan. Pada krisis moneter 1997-1998, Sandiaga mengaku pernah terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK di tempat lamanya dia bekerja, yakni NTI Resources Ltd—perusahaan yang berbasis di Kanada.

Seusai terkena PHK, Sandiaga Uno mencoba peruntungan membuat perusahaan yang bergerak di bidang konsultan keuangan bernama PT Recapital Advisors. Perusahaan itu didirikan bersama Rosan Perkasa Roeslani--Ketua Kadin saat ini.

Baru setelah itu Sandiaga mendirikan Saratoga yang berkembang sampai sekarang. Di kancah bisnis, Sandiaga juga pernah menjabat sebagai pemimpin di beberapa perusahaan, seperti PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk dan PT Adaro Energy Tbk.

Pada 2011, pria kelahiran Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969 ini terdaftar sebagai orang terkaya di Indonesia menurut Majalah Forbes. Sandiaga menempati posisi ke-37 kala itu dengan kekayaan US$ 660 juta.

Dalam keorganisasian, Sandiaga memiliki pengalaman menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dia menjabat pada periode 2005-2008. Sandiaga juga pernah menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kadin pada 2004 atau setahun sebelum memimpin di HIPMI.

Sandiaga tak lagi terlampau aktif sebagai pengusaha pada 2015. Kala itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Saratoga, Sandiaga resmi mundur dari posisinya sebagai direktur utama. Sebab, dia ingin berfokus pada tugas barunya, yaitu Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).