Light Dark

BI akan Terbitkan Mata Uang Khusus Setiap 25 Tahun Sekali

Nasional | 18 Aug 2020, 03:00 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. | Suara.com/Fauzi

SUKABUMIUPDATE.com - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan secara resmi merilis uang khusus bertema 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara virtual dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI, pada Senin (17/8/2020).

Peluncuran ini dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Uang khusus ini diluncurkan dengan pecahan Rp 75.000 dan hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar saja.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bahwa lembaganya akan merilis uang pecahan khusus ini setiap 25 tahun sekali. "Kedepan insyaallah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali," kata Perry dalam acara tersebut.


Advertisement

Dirinya menuturkan peluncuran tahun ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya penerbitan peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970. Kemudian saat Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995.

Uang khusus ini secara total dicetak sebanyak 75 juta lembar dan ditandatangi oleh Menteri Keungan, selaku wakil pemerintah, dan Gubernur BI.

Perry menjelaskan bahwa Uang Baru pecahan Rp 75.000 pada bagian depan bergambar Proklamator RI Soekarno - Hatta. Kemudian juga ada gambar sejumlah kemajuan proyek infrastruktur yang telah dibangun seperti Kereta MRT di Jakarta, Jembatan Merah Youtefa di Papua dan Tol Trans Jawa.


Advertisement

Sementara pada halaman belakang, uang anyar ini dihiasi gambar anak-anak yang sedang mengenakan pakaian adat yang memperteguh kebhinekaan dan melambangkan keberagaman.

Selain itu juga ada motif tenun nusantara asal provinsi Bali yakni batik kawung. "Anak-anak berpakaian adat yang mewakili wilayah barat tengah dan timur NKRI serta motif tenun nusantara di Bali batik kawung yang menggambarkan kebaikan dan kesucian," kata Perry.

sumber: suara.com

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter